Pengelolaan Program Parenting di TK Dharma Wanita Kedurang Bengkulu Selatan

Pengelolaan Program Parenting di TK Dharma Wanita Kedurang Bengkulu Selatan

  • Nelda Sari Siregar Universitas Terbuka Bengkulu
  • Alfin Julianto STIT Al-Quraniyah Manna Bengkulu Selatan
  • Purnamayanti Mahasiswa STIT Al-Quraniyah Manna
Keywords: Pengelolaan, Program Parenting, TK Darma Wanita

Abstract

Penelitian ini berfokus pada proses pengasuhan anak yang tidak efektif dalam lingkungan keluarga, sering kali karena minimnya wawasan dan pemahaman orang tua tentang edukasi dan pengasuhan anak. Penelitian bertujuan untuk menguraikan prosedur perencanaan, implementasi, dan penilaian dari kegiatan Program Parenting. Metodologi yang diterapkan adalah deskriptif kualitatif. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini meliputi Pengelola, pendidik, dan orang tua dari siswa yang aktif dalam Program Parenting di TK Darma Wanita. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Temuan penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pengelolaan Program Parenting di TK Darma Wanita mencakup perencanaan yang intens dengan partisipasi orang tua siswa. Perencanaan tersebut merancang jadwal kegiatan orang tua dan menetapkan format kegiatan Program Parenting. Tujuan dari perencanaan adalah untuk meningkatkan partisipasi orang tua dan komunitas dalam mendukung pengembangan kreativitas anak melalui program. 2) Fase pelaksanaan Program Parenting menjamin keikutsertaan pendidik TK, siswa, dan orang tua sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan. Struktur program, fasilitas, metode, dan media yang digunakan selaras dengan rancangan awal. Namun, terdapat kekurangan dalam fasilitas dan infrastruktur seperti kondisi ruangan, ketersediaan kursi, dan proyektor sebagai alat/media yang masih belum memadai. Meski partisipasi orang tua dan masyarakat sudah terlibat, partisipasi aktif dari semua pihak masih belum tercapai sepenuhnya. Penggunaan metode dan media yang variatif telah mendukung pelaksanaan Program Parenting di TK Darma Wanita. 3) Tahap evaluasi melibatkan guru, orang tua, dan masyarakat. Evaluasi dilaksanakan pada akhir semester dengan menggunakan rubrik penilaian sumatif, tetapi belum terlaksana secara maksimal dan sistematis akibat keterbatasan informasi dan pemahaman tentang evaluasi program. Evaluasi bertujuan untuk mengukur tingkat keterlibatan dan kesinambungan pendidikan antara orang tua dan guru. Namun, evaluasi program belum sepenuhnya melibatkan orang tua, karena mereka lebih banyak memberikan masukan untuk tindak lanjut program, bukan pada proses penilaian itu sendiri.

References

Mubarak, Z. (2019). Sistem Pendidikan di Negeri Kangguru: Studi Komperatif Australia dan Indonesia. Depok: Gading Pustaka.
Sunaengsih, C. (2017). Buku Ajar Pengelolaan Pendidikan. Sumedang: UPI Sumedang Press.
Nugraha, A, et.al, (2018). Program Pelibatan Orang Tua dan Masyarakat. Universitas Terbuka: Tangerang Selatan.
Mukhtar, L. et.al, (2014). Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.
Nugraha, A. et.al, (2018). Program Pelibatan Orang Tua dan Masyarakat. Universitas Terbuka: Tangerang Selatan.
Hasibuan, M. S.P. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Prabhawani, S.W. (2016). Pelibatan Orang Tua dalam Program Sekolah di TK Khalifah Wirobrajan. Jurnal Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 2. No.2 h. 205. Retrieved from https://eprints.uny.ac.id/32941/.
Suparji, M., & Julianto, A. (2023). Sistem Pengelolaan Pendidikan Pesantren Modern (Studi Kasus Pondok Pesantren Annur Darunnajah 8 Bogor). Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan Vol. 3(2). hal 1-8. Retrieved from https://www.ejournal.stit-alquraniyah.ac.id/index.php/jpia/article/view/104/90
Published
2024-09-23