IMPLEMENTASI PENDIDIKAN LIFE SKILL BAGI SANTRI PONDOK PESANTREN AL –QURANIYAH MANNA BENGKULU SELATAN

  • Yeti Dewanti STIT Al-Quraniyah Manna

Abstract

Lembaga pendidikan Islam adalah tempat di mana proses pendidikan dilakukan untuk meningkatkan sikap atau perilaku seseorang melalui interaksi dengan lingkungan sekitarnya. Karena institut pendidikan Islam memiliki kemampuan untuk menghasilkan  santri yang memiliki pemahaman yang luas bukan hanya dalam bidang ilmu agama tetapi juga dalam bidang ilmu umum, yang sangat penting untuk mengembangkan dan meningkatkan keterampilan yang diperlukan untuk menjadikan orang yang cerdas, kritis, dan ahli dalam teknologi. Pesantren, selain berfungsi sebagai institut pendidikan juga memiliki peran penting dalam mentrasper sosial dalam kehidupan masyarakat. oleh karana itu pesantren akan terus menjadi toga utama dalam memberikan pendidikan dan pembinaan yang konstruktif dan positif. Pesantren telah meningkatkan peran penting dalam pembentukan individu yang telah mencapai kematangan spiritual dan kecerdasan dalam konteks kemuliaan hidup Ini adalah kenyataan yang jelas dan tidak dapat disangkal. Oleh karena itu, Pesantren harus mengikuti perkembangan pengetahuan dan teknologi (iptek) di era globalisasi saat ini. mereka harus lebih mampu mengembangkan kemampuan keagamaan, intelektual, life skill, dan hidup yang kuat untuk menjaga eksistensi mereka. Dengan mengikuti kemajuan teknologi di pondok pesantren, dapat ditunjukan bahwa tidak semua lulusan pondok pesantren hanya memiliki pilihan untuk menjadi kiayi atau ulama dan bekerja sebagai pekerjaan dalam bidang agama, santri harus diberikan keterampilan hidup, seperti pendidikan dan keahlian lainya sebelum mereka terjun ke masyarakat nyata.

 

 

 

Published
2024-10-24