MULTIPLE INTELLIGENCES IN ARTS AND CULTURE SUBJECTS IN PRIMARY SCHOOLS
MULTIPLE INTELLIGENCES PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA di SEKOLAH DASAR
Abstract
Pendidikan formal yang mengutamakan pemikiran terhadap penilaian kognitif saja. Sehingga, permasalahan afektif terkait pada sistem nilai kurang mampu dikembangkan, peristiwa ini tentu dapat menjabarkan pendidikan yang berpusat kepada guru. Pembelajaran batik mampu mengembangkan pola pikir peserta didik, melalui kegiatan batik tulis pada proses menggambar di media kain yang lebar membentuk pola-pola yang indah. Kesenian batik adalah kesenian gambar diatas kain untuk pakaian yang menjadi kebudayaan masyarakat. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan multiple intelligences, pada kegiatan batik tulis serta faktor pendukung dan penghambat dalam materi membatik pada mata pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan kelas V sekolah di SD Muhammadiyah Bodon. Jenis penelitian yaitu deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru kelas, peserta didik kelas V. Objek penelitiannya yaitu Analisis Multiple Intelligences dalam materi membatik pada mata pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan kelas V di SD Muhammadiyah Bodon. Pengumpulan data melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pemeriksanaan keabsahan data dengan ketekunan peneliti, triangulasi sumber dan teknik. Data analisis menggunakan analisis data interaktif induktif model Miles dan Huberman.
References
Arisanti, Y., & Adnan, M. F. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Software Macromedia Flash 8 untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 2122–2132. http://www.jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1347
Chatif, M. (2012). Gurunya Manusia. Kaifa.
Dhori, M., & Nurhayati, T. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter Religius Di Sekolah Dasar. EL Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education, 4(1), 1–12.
Loita, A. (2017). Karakteristik Pola Gambar Anak Usia Dini. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 1(1), 44–57.
Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya.
Nasution, S. (2011). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar & Mengajar. Bumi Aksara.
Nurhayati, T. (2019). DALAM KULTUR SEKOLAH DI SD MUHAMMADIYAH Abstrak. Skripsi.
Putri, R. D. P., Nurhayati, T., & Dhori, M. (2021). Analisis Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Amal Pendidikan, 2(1), 31–38.
Ramadhanti, M., Sumantri, M. S., & Edwita, E. (2018). Pembelajaran Sentra dalam Membangun Kecerdasan Jamak di Sekolah Dasar. Journal of Elementary School (JOES), 1(1), 9–21.
Sari, Ika Mustika., et al. (2013). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP Dalam Pembelajaran Pendidikan Teknologi Dasar (PTD). Jurnal Pengajaran MIPA, XVIII, 61.
Sukiman, H. M. (2021). Volume : 7 Bulan : November Tahun : 2021 Volume : 7 Nomor : 4 Bulan : November Tahun : 2021. Dewi 2020, 51–58. https://doi.org/10.32884/ideas.v7i4.501
Sukmadinata, S. N. (2005). Metode penelitia. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Copyright (c) 2024 Tiara Nurhayati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.