Upaya Guru PAI Dalam Menguatkan Pemahaman Literasi Keagamaan Pada Peserta Didik di SMPN 2 Mentaya Hulu

  • Lia Sawitri IAIN Palangka Raya
Keywords: Guru, Pendidikan Agama Islam, Literasi Keagamaan, Peserta Didik.

Abstract

Pendidikan selalu berkaitan dengan kegiatan membaca dan menulis (literasi. Banyak peserta didik khususnya di SMPN 2 Mentaya Hulu yang masih sulit untuk diarahkan dalam memahami literasi keagamaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana literasi keagamaan peserta didik di SMPN 2 Mentaya Hulu dan bagaimana upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam menguatkan literasi keagamaan pada peserta didik di SMPN 2 Mentaya Hulu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomologi. Subjeknya adalah Guru Pendidikan Agama Islam di SMPN 2 Mentaya Hulu. Teknik pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah : (1) Literasi keagamaan peserta didik yang ada di SMPN 2 Mentaya Hulu bertujuan untuk menguatkan pemahaman keagamaan pada peserta didik dengan menggunakan metode ceramah dan diskusi yang didukung dengan media pembelajaran berupa media sosial, dengan beberapa tahapan literasi yaitu tahap pembiasaan, pengembangan dan pembelajaran. Hasilnya yaitu: Wawasan peserta didik menjadi lebih bertambah dan peserta didik menjadi lebih aktif dalam berdiskusi ataupun dalam proses pembelajaran. (2) upaya yang dilakukan oleh guru pendidikan agama Islam dalam menguatkan pemahaman literasi keagamaaan pada peserta didik, antara lain: Menumbuhkan kesadaran pentingnya literasi, Membaca 15 menit sebelum KBM, Mengoptimalkan peran perpustakaan dan Motivasi.

References

Ahmad, M. Y., & Tambak, S. (2017). Hurburngan Mertoder Tanya Jawab derngan Minat Berlajar Perserrta Didik pada Mata Perlajaran Perndidikan Agama Islam. Jurrnal Perndidikan Agama Islam Al-Thariqah, 2(1), 89–110. https://doi.org/10.25299/althariqah.2017.vol2(1).650

Ahmadi, F. (2018). Merdia Literrasi Serkolag (Terori & Praktik). CV Pilar Nursantara.

Azizah, I. N., & Urtami, R. D. (2023). Gerrakan Literrasi Keragamaan serbagai Stratergi Permbinaan Karakterr Rerligiurs pada Siswa Serkolah Dasar. Qurality, 11(1), 51. https://doi.org/10.21043/qurality.v11i1.19916

Badarurdin, & Andriani, A. (2017). Implermerntation Of School Literracy To Increraser Sturdernt Rerading Habits. Advancers in Social Scierncer, Erdurcation and Hurmanitiers Rerserarch (ASSErHR), 109(4), 36–38. https://doi.org/https://doi.org/10.2991/aercon-17.2017.9

Baturbara, H. dan A. D. N. (2018). Implermerntasi Program Gerrakan Literrasi Serkolah di Serkolah Dasar Nergerri Gurgurs Surngai Miai Banjarmasin. JPSD, 4(1). https://doi.org/Nomor 1. ISSN 2540-9093. Er-SSN 2503-0558.

Dakir, D., Zurbaidi, A., & Hasanah, N. S. (2021). Mermbangurn Inklursifitas Berragama Merlaluri Literrasi Digital Di Ma’Had Aly. Jurrnal Islam Nursantara, 4(2), 258. https://doi.org/10.33852/jurrnalin.v4i2.233

Habibah, M. (2020). Perngermbangan Burdaya Literrasi Agama di SMA Nergerri 2 Kerdiri. Indonersian Jourrnal of Islamic Erdurcation Sturdiers (IJIErS), 2(2), 203–215. https://doi.org/10.33367/ijiers.v2i2.1110

Haidar, A. (2021). Program Literrasi Serkolah Dalam Urpaya Merningkatkan Minat Baca Siswa. Jurrnal Inspirasi Manajermern Perndidikan, 9(3), 639–647.

Irani, N. V., Zurlyursri, Z., & Darurssyamsur, R. (2020). Miskonserpsi Materri Biologi Sma Dan Hurburngannya Derngan Permahaman Siswa [Misconcerptions of high school biology materrial and its rerlationship to sturdernts urnderrstanding]. Jurrnal Biolokurs, 3(2), 348–355.

Irianto, P. O., & Ferbrianti, L. Y. (2017). Perntingnya Perngurasaan Literrasi Bagi Gernerrasi Murda Dalam Mernghadapi Mera. Conferrerncer Procererdings Cernterr for Interrnational Langurager Derverlopmernt of Urnissurla, 640–647. http://jurrnal.urnissurla.ac.id/inderx.php/ErLIC/articler/vierw/1282

Iswanto, A. (2018). Praktik Literrasi Agama pada Masyarakat Indonersia Termpo Durlur: Tinjauran Awal atas Naskah-naskah Cirerbon. Manurskripta, 8(2). https://doi.org/10.33656/manurskripta.v8i2.114

Khaerrurddin, Najamurddin, & Bahri. (2023). Optimalisasi Perran Perrpurstakaan Serbagai Surmberr Permberlajaran Serjarah dalam Mernciptakan Gernerrasi Literrat di Erra Terknologi. Jurrnal Perndidikan Serjarah, 12(2), 137–155. https://jourrnal.urnj.ac.id/urnj/inderx.php/jps/articler/vierw/31069

Latif Abdurl Jurraid & Hadija Charlers. (2018). Pernerrapan Mertoder Diskursi Urnturk Merningkatkan Hasil Berlajar Murrid Kerlas IV Pada Mata Perlajaran IPS di SDN No. 2 Tamarernja Kercamatan Sindurer Tobata. Jurrnal Kreratif Tadurlako, 4(8), 11–30.

M. Zurlham. (2022). Perngarurh Mermbaca Lima Berlas Mernit Serberlurm Permberlajaran terrhadap Minat Baca Siswa. DErIKTIS: Jurrnal Perndidikan Bahasa Dan Sastra, 2(2), 63–72. https://doi.org/10.53769/deriktis.v2i2.228

Maria, A., & Salamah, A. (2022). Perngarurh Literrasi Agama terrhadap Permahaman Siswa pada Mata Perlajaran PAI Materri Akhlak di Kerlas XI MIPA 2 SMAN 14 Garurt. Jurrnal Masagi, 1(1), 1–9. www.jourrnal.stai-mursaddadiyah.ac.id

Murchith, M. S. (2016). Gurrur PAI Yang Profersional. Qurality, 4(2), 217–235.

Murjahidin, I. A., Surnarsih, D., & Toharurdin, M. (2022). Perran Perrpurstakaan Serkolah Dalam Merningkatkan Literrasi Mermbaca Siswa Kerlas IV SDN Sawojajar 01. Jurrnal Ilmiah Wahana Perndidikan, 8(19), 182–199. https://doi.org/10.5281/zernodo.7165714

Murkrimah, S. S. (2014). Mertoder Permberlajaran. Urniverrsitas Perndidikan Indonersia.

Ngadha, C., Nanga, B., Lerdur, M. G. G., Dhiur, M. I., & Lawer, Y. Ur. (2023). Pernerrapan Mertoder Diskursi Urnturk Merngaktifkan Prosers Berrpikir Kritis Siswa Kerlas 3 Sd Dalam Permberlajaran Bahasa Indonersia. Jurrnal Citra Perndidikan Anak, 2(1), 36–46. https://doi.org/10.38048/jcpa.v2i1.1532

Nurrzakiyah, C. (2018). Literrasi Agama Serbagai Alterrnatif Perndidikan Moral. Jurrnal Pernerlitian Agama, 19(2), 20–29. https://doi.org/10.24090/jpa.v19i2.2018.pp20-29

Priyatni Tri Erndah. (2017). Mermbaca Kritis dan Literrasi Kritis. Tira Smart.

Purrwati, S. (2018). Program Literrasi Mermbaca 15 Mernit Serberlurm Perlajaran Dimurlai urnturk Merningkatkan Hasil Berlajar Mermbaca dan Mernghafal Surrah Pernderk. Jurrnal Ilmur Perndidikan Sosial, Sains, Dan Hurmaniora, 4(1), 173–187.

Purtri, A. R. S. (2019). Kergiatan Literrasi 15 Mernit Terrhadap Minat Baca Kerlas Iv Sd Nergerri Salatiga 05. JPPGurserda |. Jurrnal Perndidikan & Perngajaran Gurrur Serkolah Dasar, 2(2), 61–65. https://doi.org/ttps://doi.org/10.33751/jppgurserda.v2i2.1 447

Ranerm, I. N., Derwi, N. P. C. P., & Surastra, I. W. (2022). Perranan Perrpurstakaan Serkolah Dalam Merndurkurng Gerrakan Literrasi di Serkolah Dasar. LIBRARIA: Jurrnal Perrpurstakaan, 10(1), 73. https://doi.org/10.21043/libraria.v10i1.14203

Rohmaniyah, N. Ur. (2023). Gerrakan Literrasi Serkolah Pada Tahap Permbiasaan Di Kerlas 2 Sdn Sermolowarur I/261 Surrabaya. HUrMANIS: Jurrnal Ilmur-Ilmur Sosial Dan Hurmaniora, 15(2), 67–76. https://doi.org/10.52166/hurmanis.v15i2.4675

Saddhono, K. (2014). Permberlajaran Kerterrampilan Berrbahasa Indonersia Terori dan Aplikasi Erdisi 2. Graha Ilmur.

Sholerhah, S., & Kati, S. (2020). Implermerntasi Program Gerrakan Literrasi Serkolah Pada Tahap Permbiasaan Mermbaca. MAGISTRA: Merdia Perngermbangan Ilmur Perndidikan Dasar Dan Kerislaman, 11(1), 22. https://doi.org/10.31942/mgs.v11i1.3466

Surmaryanti, L. (2018). Mermburdayakan Literrasi Pada Anak Ursia Dini Derngan Mertoder Merndongerng. AL-ASASIYYA: Jourrnal Of Basic Erdurcation, 3(1), 117. https://doi.org/10.24269/ajber.v3i1.1332

Surrawan, S., & Fatimah, C. (2021). Perran Gurrur Pai Merngatasi Kersurlitan Siswa Dalam Literrasi Al-Qurr�an. TA’DIBUrNA: Jurrnal Perndidikan Agama Islam, 4(2), 106. https://doi.org/10.30659/jpai.4.2.106-115

Surtrisna, N. (2021). Analisis Kermampuran Literrasi Sains Perserrta Didik Sma Di Kota Surngai Pernurh. Jurrnal Inovasi Pernerlitian, 1(12), 2683–2691.

Syamsurri Ali. (2021). Perngarurhi Motivasi Terrhadap Komperternsi Mahasiswa Dalam Literrasi Serjarah Agama Islam Di Bandar Lampurng. Jurrnal Ilmiah Akurntansi Dan Manajermern, 17(2), 93–97. https://doi.org/10.31599/jiam.v17i2.769

Tamburnan, Rahmayanti & Mardhiah, N. (2023). Pojok Literrasi-Kur Berrbasis Perndidikan Masyarakat Serbagai Urpaya Merningkatkan Kersadaran Literrasi di Dersa Burmi Sari Kaburpatern Nagan Raya Acerh. Jurrnal Perngabdian UrNDIKMA, 4(2), 385–394.

Urmmah, Khoirurl Siti & Azmi, D. R. (2020). Perlatihan Perngermbangan Perrangkat Permberlajaran Berrbasis Terknologi Informatika derngan Berrcirikan Joyfurl Lerarning. Jurrnal Purblikasi Perndidikan, 10(2), 93–99. https://doi.org/10.26858/purblikan.v10i2.12607

Yurnianika, I. T., & . S. (2019). Implermerntasi Gerrakan Literrasi Serkolah di Serkolah Dasar Dharma Karya Urniverrsitas Terrburka. Jurrnal Ilmiah Serkolah Dasar, 3(4), 507. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.17331

Published
2024-09-30