PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DAN KONVENSIONAL TERHADAP PENGUASAAN MATERI SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 4 JATIYOSO TAHUN AJARAN 2023/2024

  • Siti Nurjanah UIN Raden Mas Said Surakarta
Keywords: Student Team Achievement Division (STAD), Model Konvensional, SKI

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya penguasaan materi siswa terutama pada materi Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) dikarenakan pembelajaran berlangsung hanya satu arah sehingga siswa sulit memahami materi, cenderung pasif, dan tidak dapat menjawab pertanyaan saat pembelajaran berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui penguasaan materi siswa sebelum dan setelah diterapkan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) di SMP Negeri 4 Jatiyoso, 2) mengetahui penguasaan materi siswa sebelum dan setelah diterapkan model pembelajaran konvensional, 3) mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) terhadap penguasaan materi siswa kelas VIII di SMP Negeri 4 Jatiyoso Tahun Ajaran 2023/2024. Penelitian menggunakan metode kuantitatif quasi eksperimen. Hasil penelitian terdapat pengaruh signifikan yang ditunjukkan dari hasil uji hipotesis menggunakan uji independent simple t-test dengan nilai signifikansi sebesar 0,00 < 0,05. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) terhadap penguasaan materi Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) siswa kelas VIII di SMP Negeri 4 Jatiyoso Tahun Ajaran 2023/2024.

 

References

Amelia, E., Attalina, S. N. C., & Widiyono, A. (2022). Pengaruh Model Kooperatif Tipe Stad Berbantuan Media Manipulatif Terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(3), 542–548. https://core.ac.uk/download/pdf/322599509.pdf
Ardziyah, I. (2021). Analisis Penguasaan Materi Siswa Ditinjau dari Hasil Pembelajaran Matematika Melalui Siaran Radio di RRI Kota Madiun pada Program Nasional Belajar di RRI. 1–44.
Arikunto, S. (2018). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (pp. 1–333). PT Bumi Aksara.
Arohman, M. S. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif STAD (Student Team Achievement Divisions) dalam Meningkatkan Pemahaman Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam di SMK N 1 Terbanggi Besar. 1–64.
Arsyad, W. B. (2019). Korelasi Penguasaan Materi Pembelajaran Oleh Guru dengan Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Administrasi perkantoran Di SMK Pelita Bogor. Jurnal Ilmiah Edutecno, 20(2), 1–12.
Asmedy. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan, 2(2), 108–113. https://doi.org/10.58536/j-hytel.v1i3.92
Asykuri, M. (2019). Diajar Dengan Metode Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions ( Stad ) Dan Mind Mapping. 2, 72–73.
Baroya, E. P. I. H. (2018). Strategi pembelajaran abad 21. I(01), 101–115.
Djumingin, S., Juanda, & Tamsir, N. (2022). Pengembangan materi pembelajaran bahasa indonesia.
Fahrudin, Ansari, & Ichsan, A. S. (2021). Pembelajaran Konvensional dan Kritis Kreatif dalam Perspektif Pendidikan Islam. Hikmah, 18(1), 64–80. https://doi.org/10.53802/hikmah.v18i1.101
Fedi, S., Blikololong, M. H. O., & Jeramat, E. (2020). Pengaruh Pembelajaran Tutor Sebaya Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas Vii Pada Pokok Bahasan Segi Empat Semester Ii Smpk Immaculata Ruteng Tahun Ajaran 2018/2019”. JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar), 4(2), 91–98. https://doi.org/10.36928/jipd.v4i2.356
Haris, A. (2019). Hubungan Penguasaan Materi Mengajar Guru dengan Prestasi Belajar Siswa Di MtsN Kadur Kabupaten Pamekasan Tahun 2018. Al-Ulum : Jurnal Penelitian Dan Pemikiran Ke Islaman, 6(1), 40–50. https://doi.org/10.31102/alulum.6.1.2019.40-50
Hasmar, A. H. (2020). Problematika Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di Madrasah. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 10(1), 15. https://doi.org/10.22373/jm.v10i1.6789
Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3011–3024. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589
Islamiah, N. (2021). Pengaruh Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Penguasaan Materi Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas XI di SMAN 3 Pangkep. 1–46.
Izzah, N. (2023). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil belajar SKI melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Kelas IV MIS Hidayatullah Bali. 3(2), 773–781.
Jafar, A. F. (2021). Penerapan Metode Pembelajaran Konvensional Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik. Journal of Islamic Education, 3(2), 190–199.
Jariyah, A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Berbantu Kartu Bergambar Terhadap Motivasi belajar Siswa Kelas IV di MI Al-Ma’arif Karangpakel Tahun Ajaran 2022/2023. 53.
Junaedi, E. (2013). Pengaruh Modul Elektronik Berbasis Mobile Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Kuasi Ekperimen Terhadap Siswa Kelas X Sma Laboratorium Percontohan Upi Bandung) Universitas. Universitas Pendidikan Indonesia.
Kesuma, I. N. A. A., Yoda, I. K., & Hidayat, S. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar PJOK pada Siswa SMP. 8(April), 62–70.
Komeini, M., Yahya, M., & Purnamawati. (2021). Faktor-Faktor yang Paling Berpengaruh pada minat Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Model Open Ended Learning (OEL) di SMK. 16.
Kurniawan, T., Asari, H., & Nahar, S. (2019). Nilai-Nilai Pendidikan Multikulturaldalam Buku-Buku Ajar Sejarahkebudayaan Islam. At-Tazakki, 03(02), 233–244.
Lestari, M. (2021). Pengaruh Penguasaan Materi Akhlak Terhadap Perilaku Siswa di SMPN 1 Sampit.
M.S.Tuerah, R. (2015). Penguasaan Materi Pembelajaran , Manajemen Dan Komitmen Menjalankan Tugas Berkorelasi Pada Kinerja Guru SD Di Kota Tomohon. Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran, 1(2), 137–154.
Mar’atussholeha, M., & Putri, E. S. A. N. (2023). Manfaat dan Urgensi Pempelajari Sejarah Islam Klasik dan Pertengahan. Jurnal Pendidikan Tematik, 4(1), 153–161.
Misbah, Z., & Rasyid, A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Stad Dengan Metode Demonstrasi Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Dan Keterampilan Proses …. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 1, 335–342. https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/815
Muhali, M. (2019). Pembelajaran Inovatif Abad Ke-21. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 3(2), 25. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v3i2.126
Muthia, D., Lubis, R., Manik, E., & Anas, N. (2021). Strategi Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. 1, 68–73.
Nafiati, D. A. (2021). Revisi taksonomi Bloom: Kognitif, afektif, dan psikomotorik. Humanika, 21(2), 151–172. https://doi.org/10.21831/hum.v21i2.29252
Novianti, L. A., Anjarini, T., & Suyoto. (2022). Penerapan Model STAD Berbantuan Media Monopoli Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Sub Tema Manfaat Tumbuhan Bagi Kehidupan Manusia Di Kelas III SD Negeri Korowelang. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 76–84. http://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/jpd
Nur Syamsu, F., Rahmawati, I., & Suyitno. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran STAD terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang. International Journal of Elementary Education, 3(3), 344. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i3.19450
Nurhayati, S. (2022). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar SKI Materi Peradaban Emas Dinasti Abbasiyah dengan Metode Pembelajaran Inquiry pada Siswa Kelas VIII di MTS Sunan Cendana Kecamatan Kwanyar Kabupaten Bangkalan. Jurnal Pendidikan, 9–15.
Nurita, T., Nuril, A., Fauziah, M., Astriani, D., Susiyawati, E., & Surabaya, U. N. (2022). Meningkatkan Penguasaan Konsep Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Proceeding Seminar Nasional IPA XII, 340–347.
Octaviana, T., & Amelia, S. (2024). Perbandingan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Tipe STAD Terhadap Kemampuan Numerik Siswa Kelas VII di SMPN 14 Pekanbaru. Journal of Research in Science and Mathematics Education (J-RSME), 3(1), 21–27. https://doi.org/10.56855/jrsme.v3i1.903
Pudjiani, T., & Mustakim, B. (2021). Pendidikan Agama Islam Pendidikan Agama Islam SMP Kelas VIII. https://buku.kemdikbud.go.id
Pulungan, S. (2019). Sejarah Pendidikan Islam (pp. 1–452).
Rani, H. (2020). Impelementasi Model Pembelajaran Inquiry dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTsN Palopo. Jurnal Konsepsi, 9(2), 82–90. https://p3i.my.id/index.php/konsepsi/article/view/43
Robbia, A. Z., & Fuadi, H. (2020). Pengembangan Keterampilan Multimedia Interaktif Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik di Abad 21. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(2), 117–123. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i2.125
Rohmatika, E. (2020). Pengaruh Penguasaan Materi Dan Kedisiplinan Guru Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Di Smp Islam Gandusari Trenggalek. http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/19803%0Ahttp://repo.uinsatu.ac.id/19803/5/BAB II.pdf
Sabarudin. (2018). Materi Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013. Jurnal An-Nur: Kajian Ilmu-Ilmu Pendidikan, 04(01), 1–18. https://journal.an-nur.ac.id/index.php/annur/article/view/69
Santika, A., & Sylvia, I. (2021). Efektivitas E-Modul Berbasis Anyflip untuk Meningkatkan Kemampuan Penguasaan Materi Peserta Didik pada Materi Nilai dan Norma Sosial Kelas X di SMA N 3 Payakumbuh. 2(4), 285–296.
Senjaya, A. J. (2017). Faktor-faktor Dominan yang Berpengaruh Terhadap Penguasaan Materi Pembelajaran Matematika Guru SMP di Kabupaten Indramayu. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1), 133–144. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/S1ak/article/view/4389
Septikasari, R., & Frasandy, R. N. (2018). Keterampilan 4C Abad 21 dalam Pembelajaran Pendidikan Dasar. Jurnal Tarbiyah Al-Awlad, 02, 112–122. https://doi.org/10.1016/j.jacc.2020.04.015
Slavin, R. E. (1980). Cooperative Learning. Review of Educational Research, 50(2), 315–342. https://doi.org/10.3102/00346543050002315
Suardiana, I. M. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Journal of Education Action Research, 5(3), 176–186. https://doi.org/10.23887/jear.v5i3.34677
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. 1–527.
Syurgawi, A., & Yusuf, M. (2020). Metode Dan Model Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Maharot : Journal of Islamic Education, 4(2), 175. https://doi.org/10.28944/maharot.v4i2.433
Ulya, D. H. (2022). Problem Siswa Pada Penguasaan Materi Pendidikan Agama Islam Di Masa Pandemi. 222.
Utami, F. N. (2020). Peran Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 93–100. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.91
Wulandari, I. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD ( Student Teams Achievement Division) dalam Pembelajaran MI. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 4(1), 17–23. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v4i1.1754
Published
2024-10-17