Peran Teknologi Dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Islam
Abstract
Integrasi teknologi dalam pendidikan Islam merupakan hal yang krusial di era digital saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran teknologi dalam meningkatkan efektivitas pendidikan Islam. Penggunaan teknologi dapat membatu menciptakan lingkungan belajar yang interaktif dan menarik, menyediakan akses terhadap beragam sumber informasi, dan memfasilitasi komunikasi antara guru dan siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, menggunakan metode deskriptif untuk mendapatkan pemahaman mendalam tentang peran teknologi dalam pendidikan Islam. Penelitian ini menunjukkan bahwa pentingnya teknologi dalam meningkatkan kualitas pendidikan Islam, termasuk meningkatkan motivasi dan partisipasi siswa, mempersonalisasi pembelajaran, dan menyediakan akses ke beragam sumber daya pendidikan. Namun, tantangan seperti kendala infrastruktur dan biaya, serta kebutuhan akan konten yang relevan dan berorientasi Islam, harus diatasi. Studi ini menyimpulkan bahwa penerapan strategis dalam teknologi dapat meningkatkan kualitas pendidikan Islam secara signifikan , dan merekomendasikan pengembangan konten yang relevan, penggunaan multimedia, dan pemberdayaan guru untuk secara efektif mengintegrasikan teknologi ke dalam praktik pengajaran mereka.
References
Abdul Mun’im Amaly, Muhammad, G., Erihadiana, M., & Zaqiah, Q. Y. (2021). Kecakapan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengoptimalkan Pembelajaran Berbasis Teknologi. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 6(1), 88–104. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2021.vol6(1).6712
Agustian, N., & Salsabila, U. H. (2021). Peran Teknologi Pendidikan dalam Pembelajaran. Islamika, 3(1), 123–133. https://doi.org/10.36088/islamika.v3i1.1047
Al-fathi, A. F. (2017). Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MTS Manaratul Islam Jakarta. In Aricis Proceedings (Issue 1).
Ali, A., & Erihadiana, E. (2021). Peningkatan Kinerja Teknologi Pendidikan dan Penerapannya pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam . Jurnal Dirosah Islamiyah, 3(3), 332–341. https://doi.org/10.47467/jdi.v4i1.445
Astuti, M., Herlina, H., Ibrahim, I., Rahma, M., Salsabilah, S., & Soleha, I. J. (2023). Mengoptimalkan Penggunaan Teknologi Dalam Pendidikan Islam. Journal Of Social Humanities an Education, 2(3), 28–40.
Elihami, E., & Saharuddin, A. (2018). Peran Teknologi Pembelajaran Islam Dalam Organisasi Belajar. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v1i1.34
Hajri, M. F. (2023). Pendidikan Islam di Era Digital: Tantangan dan Peluang pada Abad 21. Al-Mikraj: Jurnal Studi Islam Dan Humaniora, 4(1), h. 36. https://ejournal.insuriponorogo.ac.id/index.php/almikrajDOI:https://doi.org/10.37680/almikraj.v4i1.3006
Kusumawati, K. (2023). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pendidikan. Jurnal Limits, 5(1), 7–14. https://doi.org/10.59134/jlmt.v5i1.311
Sri Anitah W. (2019). Strategi Pembelajaran. Modul Strategi Pembelajaran PKN, 1, 13.
Suryam Dora, D. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. STUDIES ON VARIATION IN MILK PRODUCTION AND IT’S CONSTITUENTS DURING DIFFERENT SEASON, STAGE OF LACTATION AND PARITY IN GIR COWS M.V.Sc D SURYAM DORA LIVESTOCK, 6–18.
Syamsuar, & Reflianto. (2018). Education and Learning Challenges Based on Information Technology in the Era of Industrial Revolution 4.0. Scientific Journal of Educational Technology, 6(2), 1–13.
Wibow, P. F. (2019). Peran Teknologi Pendidikan Islam. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 6(1), 38–53.
Wulandari, I. A. G., I Made Putra Aryana, & I Gede Eka Surya Kanta. (2022a). Peran Teknologi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Hindu. JAPAM (Jurnal Pendidikan Agama), 2(02), 138–147. https://doi.org/10.25078/japam.v2i02.1448
Wulandari, I. A. G., I Made Putra Aryana, & I Gede Eka Surya Kanta. (2022b). Peran Teknologi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama islami. JAPAM (Jurnal Pendidikan Agama), 2(02), 138–147. https://doi.org/10.25078/japam.v2i02.1448
Yasuda, R., & Augustine, G. J. (2008). Optogenetic probes. Brain Cell Biology, 36(1–4), 1–2. https://doi.org/10.1007/s11068-008-9037-4
Copyright (c) 2024 Khofi Khofifah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.