Peran Orangtua Membimbing Anak Dalam Belajar Luring Selama Pandemi Covid 19 Kelas 3 Sd Negeri 75 Bengkulu Selatan
Abstract
Orangtua kesulitan dalam memujuknya untuk belajar. Ada anak yang malas dan acuh untuk belajar.ada juga orangtua yang waktunya memimbing anaknya untuk belajar hanya bisa malam hari disebabkan orangtuanya sibuk mencari kebutuhan sehari-hari, namun waktu terbatas. Tujuan penelitian yaitu Mengetahui peran orang tua terhadap anak dalam pembelajaran luring dan mengetahui dampak proses pembelajaran luar jaringan. Metode penelitian terkait peran orangtua membimbing anak dalam belajar luring berjenis penelitian kualitatif. Sumber data primernya adalah orangtua sebanyak 30 orang, anak kelas 3 sebanyak 30 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara melaksanakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian data dianalisis dengan metode field riserch yaitu menyajikan deskripsi, secara sistematis, factual, dan akurat mengenai fakta-fakta. Hasil penelitian ini yaitu Implementasi peran orangtua membimbing anak dalam belajar luar jaringan (luring) selama pandemi covid 19 kelas 3 SD negeri 75 bengkulu selatan yaitu menjadi contoh yang baik untuk anak, mengajak anak belajar dengan cara menyenangkan, membimbing anak, menyediakan fasilitas-fasilitas yang menunjang, mengingatkan anak belajar agar anak tidak lalai dengan tugasnya sebagai pelajar. Dampak dalam proses pembelajara luar jaringan (luring) yaitu akibat kurangnya ekonomi sehingga mereka sibuk mencari nafkah, dan mengakibatkan waktu mereka terbatas untuk memperhatikan anak, membimbing anak, mendampingi anak, masih kurangnya pengtahuan orangtua tetang materi yang dipelajari anak.
References
Atiqoh, Layly. 2017. “Kurikulum Pendidikan Agama Islam Berbasis Lingkungan Sebagai Penguatan Pendidikan Humanistik DiSekolahAdiwiyata.” Layly Atiqoh dan Budiyono Saputro 11(2): 285–308.
Dini, J. P. A. U. (2021). Problematika pembelajaran daring dan luring anak usia dini bagi guru dan orang tua di masa pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1825-1836.
Fikarmawati, F., Gawise, G., & Misra, S. (2022). KETERLIBATAN ORANG TUA PADA PEMBELAJARAN LURING ANAK USIA DINI DI DESA MATANAUWE. Jurnal Wawasan Sarjana, 1(1), 29-38.
Hanik, Elya Umi. 2020. “Self Directed Learning Berbasis Literasi Digital Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Madrasah Ibtidaiyah.” ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal 8(1): 183.
Herawati, E., & Irama, D. (2023). The PERAN ORANG TUA MEMBIMBING ANAK DALAM BELAJAR LUAR JARINGAN (LURING) SELAMA PANDEMI COVID 19 DI KELAS 3 SD NEGERI 75 BENGKULU SELATAN. Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan, 3(2), 191-197.
Nata, Abuddin. 2000. Seri kajian filsafat pendidikan Islam Pemikiran Para Tokoh Pendidikan Islam. 2nd ed. Jakarta: Gramedia.
Nengrum, T. A., Pettasolong, N., & Nuriman, M. (2021). Kelebihan dan kekurangan pembelajaran luring dan daring dalam pencapaian kompetensi dasar kurikulum Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah 2 Kabupaten Gorontalo. Jurnal Pendidikan, 30(1), 1-12.
Ridlo, A., Ali, N., & Khamid, A. 2020.”Konsep Etika Pelajar (Studi Komparasi Kh. Hasyim Asy’ari dan Umar bin Ahmad Baraja)". Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan1(1):1-18.
Ruli, E. (2020). Tugas dan peran orang tua dalam mendidk anak. Jurnal edukasi nonformal, 1(1), 143-146.
Subhan, M., & Efendi, R. (2021). Peran Orang Tua Dalam Pembelajaran Luring Di Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas II SD Negeri 01 Padang Laweh. Consilium: Education and Counseling Journal, 1(2), 148-161.
Widyasari, N. F. (2022). Strategi Pelaksanaan Tatap Muka (Pembelajaran Luring) Pasca Pandemi Covid-19. Journal of Instructional and Development Researches, 2(4), 153-161.
Yatazaka, Yu’timaalahu. 2014. “Gender Dan Pengembangan Pemikiran Pendidikan Islam.” Jurnal Pendidikan Islam 3(2): 289.
Julianto, Alfin. 2019. Kolaborasi Pendidikan Nonformal, Informal, dan Formal dalam Pendidikan Pemuda di Daerah Istimewa Yogyakarta. DIKLUS: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah 1(3): 14-22. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/jurnaldiklus/article/view/24644/13186.
Julianto, A., Siregar, N.S., Suryani, A.I. Problematika Pembelajaran Daring pada Mahasiswa STIT Al-Quraniyah di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan 2(2): 173-179. Retrieved from https://scholar.google.co.id/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=8ZDU5LYAAAAJ&citation_for_view=8ZDU5LYAAAAJ:Se3iqnhoufwC
Siregar, N.S., & Julianto, A. 2022. Dampak Perubahan Kurikulum terhadap Buku Paket Bahaasa Indonesia sebagai Kebijakan Pemerintah. Jurnal Pendidikan Islam Al-
Affan. 3(1): 1-11. Retrieved from https://ejournal.stit-alquraniyah.ac.id/index.php/jpia/article/view/89
Copyright (c) 2024 Feky Fuji Astuti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.