Peran Orangtua Membimbing Anak Dalam Belajar Luring Selama Pandemi Covid 19 Kelas 3 Sd Negeri 75 Bengkulu Selatan

  • Feky Fuji Astuti Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Quraniyah Manna
Keywords: peran orang tua, belajar mengajar, luring

Abstract

Orangtua kesulitan dalam memujuknya untuk belajar. Ada anak yang malas dan acuh untuk belajar.ada juga orangtua yang waktunya memimbing anaknya untuk belajar hanya bisa malam hari disebabkan orangtuanya sibuk mencari kebutuhan  sehari-hari,  namun waktu terbatas. Tujuan penelitian yaitu Mengetahui peran orang tua terhadap anak dalam pembelajaran luring dan mengetahui dampak proses pembelajaran luar jaringan. Metode penelitian terkait  peran orangtua  membimbing  anak dalam belajar luring berjenis penelitian kualitatif. Sumber data primernya adalah orangtua sebanyak 30 orang, anak kelas 3 sebanyak 30 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara melaksanakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian data dianalisis dengan metode  field riserch  yaitu menyajikan  deskripsi,  secara sistematis, factual, dan akurat mengenai fakta-fakta. Hasil penelitian ini yaitu Implementasi peran orangtua membimbing anak dalam belajar luar jaringan (luring) selama pandemi covid 19 kelas 3 SD negeri 75 bengkulu selatan     yaitu     menjadi contoh yang baik untuk anak, mengajak anak belajar dengan cara menyenangkan, membimbing anak, menyediakan fasilitas-fasilitas yang menunjang, mengingatkan anak belajar agar anak tidak lalai dengan tugasnya sebagai pelajar.  Dampak dalam proses pembelajara luar jaringan (luring) yaitu akibat kurangnya ekonomi sehingga mereka sibuk mencari nafkah, dan mengakibatkan waktu mereka terbatas untuk memperhatikan anak, membimbing anak, mendampingi anak, masih kurangnya pengtahuan orangtua tetang materi yang dipelajari anak.

 

References

Atiqoh, Layly. 2017. “Kurikulum Pendidikan Agama Islam Berbasis Lingkungan Sebagai Penguatan Pendidikan Humanistik DiSekolahAdiwiyata.” Layly Atiqoh dan Budiyono Saputro 11(2): 285–308.
Hanik, Elya Umi. 2020. “Self Directed Learning Berbasis Literasi Digital Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Madrasah Ibtidaiyah.” ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal 8(1): 183.
Nata, Abuddin. 2000. Seri kajian filsafat pendidikan Islam Pemikiran Para Tokoh Pendidikan Islam. 2nd ed. Jakarta: Gramedia.
Ridlo, A., Ali, N., & Khamid, A. 2020.”Konsep Etika Pelajar (Studi Komparasi Kh. Hasyim Asy’ari dan Umar bin Ahmad Baraja)". Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan1(1):1-18.
Yatazaka, Yu’timaalahu. 2014. “Gender Dan Pengembangan Pemikiran Pendidikan Islam.” Jurnal Pendidikan Islam 3(2): 289.
Published
2024-04-19