Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Melalui Media Bahan Alam Pada Kelompok B Di TK Ta Balong
Abstract
Berbagai permasalahan sering dijumpai dalam pembelajaran oleh peneliti salah satunya adalah banyak anak yang tidak mengetahui konsep aritmatika.. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menambah pengetahuan anak-anak tentang bilangan aritmatika. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak kelompok B dengan menggunakan bahan alam. Laporan ini menggunakan metode deskripsi siklus yang terdiri dari 4 bagian, yakni: perencanaan, pelaksanaan,observasi, dan refleksi. Pada siklus pertama peneliti menggunakan media tanam yaitu sayuran. Namun media tersebut dianggap biasa saja dan kurang menarik bagi anak. Oleh karena itu peneliti berinisiatif untuk mengganti alat peraga pada periode kedua dengan beberapa alternatif seperti: krikil, biji jagung, kulit kerang, kayu, dan daun. Dari siklus 1 dapat disimpulkan bahwa 2 dari 11 anak belum mencapai keberhasilan dalam pembelajaran. Kemudian peneliti melakukan perbaikan siklus 2 dengan memperoleh hasil 80% anak mencapai keberhasilan atau 8 dari 11 anak mengalami kemajuan yang signifikan. Laporan ini menemukan bahwa anak lebih menyukai kulit kerang sebagai alat belajar karena bagi mereka cukup menarik dan belum pernah digunakan dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, dapat disimpulkan dari laporan ini bahwa pemanfaatan lingkungan belajar berupa kulit kerang dapat meningkatkan kemampuan matematika anak dalam pembelajaran.
References
Arikunto. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksar.
Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Rineka Cipta : Jakarta
Cahyani. 2019. Peningkatan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Dengan Menggunakan Media Bahan Alam Pada Kelompok B TK Bunda Yani.
Depdiknas. 2003. Program, Kegiatan Belajar Anak Usia Dini. Grafika: Jakarta
Fadillah, dkk. 2014. Edutainment Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : Kencana. Prenamedia
Iqbal, Muhammad. 2013. Penggunaan Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SD Negri 2 Kenteng Kecamatan Madukara Kabupaten Banjarnegara Tahun 2012/ 2013. STAIN Purwekerto.
Jayanthi, Ida Ayu Marcha, et al. 2022. Peningkatan Kemampuan Berhitung Permulaan Melalui Media Bahan Alam. Generasi Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini 5.2 : 21-32.
Khadijah. 2016. Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Medan:Perdana Publishing.
Kreitner, Robert dan Angelo Kinicki. 2014. Perilaku Organisasi. Edisi 9. Buku 1. Jakarta: Salemba Empat.
Musfiqon. 2012. Pengembangan Media dan sumber Pembelajaran. Prestasi Pustaka: Jakarta
Puji Lestari, B., & Amala, N. 2021. Penggunaan Media Bahan Alam Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Journal Ashil: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 129–141.
Robbins, S.P., and Judge, T.A. 2008. Perilaku Organisasi, Edisi Kedua Belas. Jakarta: Salemba Empat.
Satrianawati, M. P. 2018. Media Dan Sumber Belajar. Yogyakarta: CV. Budi Utama.
Sila, N., Alhadad, B., & Agustan Arifin, A. 2021. Aktivitas Meronce Dengan Media Tangkai Ubi Kayu Terhadap Kemampuan Berhitung Permulaan Anak. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 3(1), 90–101. https://doi.org/10.33387/cp.v3i1.2183
Siti Komariah, A., Yulianingsih, Y., & kurnia A. 2021.Hubungan Antara Kegiatan Bermain Make A Mach Dengan Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini. Generasi Emas: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4 (2), 96- 105.
Sriningsih. 2008. Pembelajaran Matematika Terpadu Untuk Anak Usia Dini. Bandung: Pustaka Sebelas.
Subkhi, Akhmad & Jauhar, M. 2013. Pengantar Teori dan Perilaku Organisasi. Jakarta : Prestasi Pustaka
Sujiono, Y. N. 2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT indeks.
Susanto, A. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada. Media Group
Winda Gunarti,dkk. 2022. Metode Pengembangan Perilaku dan Kemampuan Dasar Anak Usia Dini. Universitas Terbuka: Tanggerang Selatan
Yuliani Nurani Sujiono, dkk. 2020. Metode Pengembangan Kognitif. Universitas Terbuka: Tanggerang Selatan
Copyright (c) 2024 Ridha Fadila Putri, Bety Liyaningrum
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.