UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK MELALUI MEDIA BAHAN ALAM PADA KELOMPOK B DI TK TA BALONG

  • Ridha Fadila Putri Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Quraniyah Manna
  • Bety Liyaningrum Mahasiswa PG-PAUD Universitas Terbuka
Keywords: Kemampuan Berhitung, media bahan alam

Abstract

Berbagai permasalahan sering dijumpai dalam pembelajaran oleh peneliti salah satunya adalah banyak anak yang tidak mengetahui konsep angka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menambah pengetahuan anak-anak tentang angka. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak kelompok B dengan menggunakan media bahan alam. Laporan ini menggunakan metode deskripsi siklus yang terdiri dari 4 bagian, yakni: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pada siklus pertama peneliti menggunakan media tanam yaitu sayuran. Namun media tersebut dianggap biasa saja dan kurang menarik bagi anak. Oleh karena itu peneliti berinisiatif untuk mengganti alat peraga pada periode kedua dengan beberapa alternatif seperti: kerikil, biji jagung, kulit kerang, kayu, dan daun. Dari siklus 1 dapat disimpulkan bahwa 2 dari 11 anak mencapai keberhasilan dalam pembelajaran. Kemudian peneliti melakukan perbaikan siklus 2 dengan memperoleh hasil 60% anak mencapai keberhasilan atau 8 dari 11 anak mengalami keberhasilan yang signifikan. Laporan ini menemukan bahwa anak lebih menyukai media bahan alam yang bervariasi karena bagi mereka cukup menarik dan belum pernah digunakan dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan lingkungan belajar berupa media bahan alam dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak dalam pembelajaran.

Published
2024-04-04