Peran Orang Tua Mengatasi Menurunnya Akhlak Anak Akibat Menggunakan Handphone di Desa Tumbuk Tebing

  • Emy Herawati Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Quraniyah Manna
Keywords: Peran Orang Tua, Akhlak anak, Handphone

Abstract

Studi ini bertujuan untuk menjelaskan peran orang tua dalam mengatasi menurunnya akhlak anak akibat menggunakan handphone di desa tumbuk tebing kecamatan Bunga Mas. Orang tua merupakan orang yang sangatlah berperan penting dalam kehidupan anak terutama di lingkungan rumah, Ketika anak berada dirumah orang tua memberikan kesempatan kepada anak untuk menceritakan kegiatan apa yang saja yang telah dilakukan, mendampingi atau mengawasi anak ketika bermain handphone, agar anak tidak terjerumus dalam pengaruh negatif dari mereka bermain handphone. Menanamkan sifat yang baik hal yang perlu dilakukan oleh orang tua seperti kebiasaan dalam mengerjakan ibadah sholat tepat waktu mengaji setelah sholat, dan memberikan contoh teladan yang baik karena melalui orang tua anak dapat meniru apa yang orang tua lakukan. Sehingga ketika anak diajak untuk belajar maka tidak akan menjadi beban tetapi mereka akan senang dalam menjalankannya, terciptanya keharmonisan suatu keluarag itu dibangun dari rasa saling menyayangi, saling peduli, selalu ada kesempatan untuk meluangkan waktu berkumpul bersama keluarga.

References

Harsela, F., & Qalbi, Z. (2020). “Dampak Permainan Gadget dalam Memengaruhi Perkembangan Kognitif Anak di TK Dharma Wanita Bengkulu.” Jurnal Pena Paud, 1(1), 27 – 39. https://doi.org/10.33369/penapaud.v1i1.13851.
Harfiyanto. (2015). Ergonomi Suatu Pengantar. Bandung: Publisher.

Hidayatuladkia, S. T., Kanzunnudin, M., & Ardianti, S. D. (2021). Peran orang tua dalam mengontrol penggunaan gadget pada anak usia 11 tahun. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(3), 363-372.
Hidayatuladkia, S. T., Kanzunnudin, M., & Ardianti, S. D. (2021). Peran orang tua dalam mengontrol penggunaan gadget pada anak usia 11 tahun. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(3), 363-372.

Niralilla. (2021). The art Islamic Parenting (seni mendidik anak sesuai prinsip nabi).
Rosidin. 2017. Pendidikan Agama Islam Untuk Perguruan Tinggi: Akidah & Aklhak Tanggerang:Tira Smart Printing. hal 78
Roza, E., Kamayani, M., & Gunawan. (2018). Pelatihan Mmemantau Penggunaan Gadget pada Anak. Jurnal SOLMA., 7(2), 208 – 214. https://doi.org/10.29405/solma.v7i2.1062

Subarkah, M. A. (2019). Pengaruh Gadget terhadap Perkembangan Anak. Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan, 15(1). https://doi.org/10.31000/rf.v15i1.1374.

Syaiful Bahari Djamarah. 2014. Pola Asuh Orang Tua dan Komunikasi dalam Keluarga. Jakarta. Rineka Cipta. Hal 52.

Syifa, L., Setianingsih, E. S., & Sulianto, J. (2019). Dampak Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Psikologi pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4). https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.22310.

Saputri, A. D., & Pambudi, D. A. (2018). Dampak Penggunaan Gadget terhadap Kemampuan Intraksi Sosial Anak Usia Dini. Adek Diah Saputri, Adek Diah Saputri, Diah Ayuning Pambudi, 3(265–278). Retrieved from http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/conference/index.php/aciece/aciece3.

Suryono Sukanto. Sosiologi: suatu pengantar (Jakarta PT.Raja Grafindo Persada,1985) hal 268.
Syaful Bahri Djamarah. 2014. Pola Asuh Orang Tua Dan Komunikasi Dalam Keluarga (Jakarta: PT Rineka Cipta) hal.22
Zulfitria. (2017). Pola Asuh Orang Tua dalam Penggunaan Smartphone pada Anak Sekolah Dasar. HOLISTIKA:Jurnal Ilmiah PGSD, 1(2), 95 – 102. Retrieved from https://jurnal.umj.ac.id/index.php/holistika/article/download/2502/2070.
Published
2024-04-25