UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI PENERAPAN TEKNIK SQ3R PADA SISWA KELAS IV SDN 1 BENGKULU SELATAN

  • Yeni Meylani STIT Al-Quraniyah Manna Bengkulu Selatan
Keywords: Membaca Memahami, SQ3R, Bahasa Indonesia

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan membaca pemahaman pada siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Mengetahui penerapan teknik SQ3R dalam upaya peningkatan kemampuan membaca mamahami siswa kelas III SDN 1 Bengkulu Selatan; (2) Mengetahui peningkatan kemampuan membaca memahami dengan diterapkannya teknik SQ3R pada siswa kelas III SDN 1 Bengkulu Selatan. Metode penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan pada siswa kelas IV yang berjumla 8 siswa. Pelaksanaan perbaikan pembelajaran ini dilakukan sebanyak 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian ini adalah (1)Penerapan Pelaksanaan perbaikan pembelajaran pada siswa kelas IV SDN 1 Bengkulu Selatan melalui 2 siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan,pengamatan dan refleksi pada setiap siklus dengan menerapkan strategi SQ3R pada pembelajaran tematik tema Indahnya Kebersamaan; (2) Peningkatan kemampuan membaca memahami siswa pada prasiklus rata-rata kemampuan membaca memahami siswa pada nilai 65, siklus I meningkat menjadi 74,3 dan pada siklus II nilai rata-rata klasikal kemampuan membaca memahami siswa berada pada nilai 80.

References

Aisah, Binti, And Agung Setyawan. "Pengaruh Penggunaan Metode Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) Terhadap Pembelajaran Kelas V Sdn Demangan 2 Bangkalan." Prosiding Nasional Pendidikan: Lppm Ikip Pgri Bojonegoro 1.1 (2020).

Asiri, Ahmad, And Mowaffaq M. Momani. "The Effectiveness Of Using SQ3R To Teach Reading Skills." Asian Journal Of Educational Research Vol 5.1 (2017).

Cahyorini, Bellanida Wahyu. "Pengaruh Strategi Pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) Terhadap Pencapaian Hasil Belajar Membaca Pemahaman Siswa Kelas Iv Sdn Kebonsari 04 Jember." (2018).

Dwianjani, Ni Komang Vonie. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Berorientasi Etnomatematika untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII. Diss. Universitas Pendidikan Ganesha, 2022.

Jannah, Zahrotul. Pengaruh Metode Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Pada Tema Indahnya Kebersamaan Di Kelas Iv Sekolah Dasar Negeri 001 Sawah Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampar. Diss. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, 2020.

Khaerunnisa, Khaerunnisa, Rosdiah Salam, and Uli Astuti. "Penerapan Strategi Survey Question Reading Recite Review (SQ3R) Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa." Indonesian Journal of Educational Studies 21.1 (2018).

Maesaroh, Siti. "SQ3R Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Teks Nonfiksi." Indonesian Journal Of Education And Learning 4.2 (2021): 469-478.

Oka, I. B. (2020). Penggunaan Model Pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Inggris. Journal Of Education Action Research, 4(3), 256-263

Rinaldi, Achi, S. Pd Novalia, And Muhamad Syazali. Statistika Inferensial Untuk Ilmu Sosial Dan Pendidikan. Pt Penerbit Ipb Press, 2021.

Wulandari, Ria Rezki, Ida Bagus Kade Gunayasa, And Abdul Kadir Jaelani. "Pengaruh Metode Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) Terhadap Keterampilan Membaca Kritis Siwa Kelas Iv Sdn Gugus Iv Praya." Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 6.4 (2021): 582-587.

Yuliasari, Ranika. Pengaruh Strategi Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) Terhadap Peningkatan Membaca Pemahaman Pada Peserta Didik Kelas Iv Di Sekolah Dasar. Diss. Universitas Pendidikan Indonesia, 2021.

Yahdinil Firda Nadhirah, Psikologi Belajar Mengajar, (Banten: Dinas Pendidikan Provinsi Banten, 2018)
Published
2024-04-06