Aplikasi Nilai – Nilai Dasar Pendidikan Agama Islam Terhadap Kreatifitas Belajar Siswa di SMA Negeri 12 Bandar Lampung
Abstract
Tujuan penelitian ini mengaplikasikan nilai-nilai dasar pendidikan agama Islam terhadap kreativitas belajar siswa lebih dari itu juga ingin di ketahui sejauhmana tingkat aplikasi nilai-niai dasar pendidikan agama Islam terhadap kreativitas belajar siswa. Guna mencapai tujuan diatas, dipakai dua pendekatan teoritis dengan melakukan kajian-kajian pustaka (library research). Dengan pendekatan teoritis ini dimaksudkan untuk memberikan kerangka teori tentang konsepsi dan penerapan nlai-nilai dasar pendidikan agama Islam terhadap kreativitas belajar siswa di SMA Negeri 12 Bandar Lampung. Adapun pendekatan kedua adalah, pendekatan empiris yaitu menggunakan studi lapangan (field research) melalui pendekatan ini dapat di ketahui secara langsung penerapan nilai-nilai dasar pendidikan agama Islam terhadap kreativitas belajar siswa di SMA Negeri 12 Bandar Lampung. Kurikulum merupakan bagian penting dari proses pendidikan, didalamnya memuat unsur kegiatan yakni, instrakurikuler dan ekstrakurkuler yang apabila kegiatan tersebut dilaksanakan kreativitas belajar siswa akan meningkat. Dalam pelaksanaannya kegiatan tersebut senantiasa diberi penilaian oleh guru, kemudian digabungkan dengan nilai tes sumatif, maka apabila kegiatan tersebut nilainya baik, sudah barang tentu kreativitas belajar siswa akan baik demikian pula sebaliknya apabila kegiatan tersebut nilainya jelek, kreativitas belajar siswa juga jelek. Permasalahan yang diangkat penulis disini adalah sampai dimana tingkat aplikasi nilai-nilai dasar pendidikan agama Islam terhadap kreativitas belajar siswa di SMA Negeri 12 Bandar Lampung.
Kata Kunci : Aplikasi Nilai-Nilai Dasar PAI, Pendekatan Normatif, Kreativitas Belajar Siswa
References
Tahun 1990 hal, 1
Dewa Ketut Sukardi, Bimbingan dan Penyuluhan Belajar di Sekolah, Penerbit, Usaha Nasional, Surabaya Tahun, 1983, hal 30
Endang Syaifuddin Anshari, Wawasan Islam, Penerbit Rajawali Pers, tahun 1983, hal
157
Hasan Sadily, Sosiologi Masyarakat Indonesia, Penerbit, Bhineka Aksara, Jakarta, Tahun 1983, hal 119
Hasbi Ash-Shiddieqy, Tafsir Al-Bayan, Penerbit, PT. Al-Ma’arif Bandung Tahun 1966, hal. 1029
Julius Candra, Kreativitas, Penerbit. Kanisius Jogyakarta, tahun 1994, hal. 17
Mujama’ Khadim al Haramain asy Syarifain al Malik Fahd Li thiba’at asy-Syarif, Al-Qur’an dan Trjemahnya, Madinah Munawaroh, 1990, hal. 862
Muhahmmad Rifa’i, 300 Hadis Bekal Dakwah dan Pembina Pribadi Muslim, Penerbit, Wicaksana, Tahun 1992, hal. 20
Zuhairini, Metode Khusus Pendidikan Agama, Penerbit. Usaha Nasional Surabaya, Tahun 1983. Hal. 23
Copyright (c) 2020 Miftahul Huda
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.