Upaya Peningkatan Kemampuan Minat Baca Siswa Kelas 3 SDN 105 Bengkulu Selatan Melalui Penggunaan Metode Storytelling

  • Pebbilia Utami STIT Al-Quraniyah
  • Melza Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Quraniyah Manna Bengkulu Selatan
  • Ajeng Pransiska Dewi Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Quraniyah Manna Bengkulu Selatan
  • Yeni Meylani Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Quraniyah Manna Bengkulu Selatan

Abstract

Penelitian yang akan kami lakukan ini mempunyai tujuan untuk mendalami dan menganalisis adanya dampak dari penggunaan metode storytelling dalam proses meningkatkan kemampuan minat baca siswa kelas 3 Sekolah Dasar Negeri 105 Bengkulu Selatan. Metode storytelling ini dipilih sebagai salah satu metode pendekatan interaktif atau komunikasi yang mana bertujuan agar dapat memperkuat daya tarik minat siswa dalam membaca dan juga dapat dijadikan sebagai media yang dapat memotivasi siswa dalam mengembangkan minat baca yang ada pada diri mereka. Penelitian ini dilakukan dengan cara melibatkan siswa kelas 3 secara langsung dari SDN 105 Bengkulu Selatan. Penelitian ini juga dikatakan sebagai penelitian yang mengadopsi pendekatan eksperimen yang mana terdapat kelompok kontrol dan kelompok perlakuan. Kelompok kontrol itu akan menerima pembelajaran tanpa menggunakan metode storytelling, sedangkan kelompok perlakuan akan medapat pembelajaran dengan menggunakan metode storytelling tersebut. Dalam hal pengumpulan data mengenai peningkatan kemampuan minat baca siswa kelas 3 melalui penggunaan metode storytelling maka dapat melalui tes awal, tes akhir, observasi kelas dan angket minat baca siswa. Hasil penelitan ini menunjukkan bahwa peningkatan yang signifikan dalam upaya meningkatkan kemampuan minat baca siswa kelas 3 yang mendapatkan pembelajaran dengan menggunakan metode storytellinng dibandingkan dengan kelompok kontrol yang tidak menggunakan metode storytelling. Dalam analisis data juga dapat memberikan wawasan mengenai tentang faktor-faktor yang dapat mempengaruhi efektivitas metode storytelling dalam konteks pembelajaran minat baca siswa kelas 3. Penelitian ini juga memberikan kontribusi yang besar bagi pengembangan suatu strategi pembelajaran yang dapat diterapkan oleh guru untuk meningkatkan minat baca siswa SD kelas 3. Selain itu, penelitian ini juga dapat menjadi suatu landasan untuk melakukan penelitian lebih lanjut dalam menggali potensi metode storytelling sebagai suatu alat pembelajaran yang inovatif dalam proses belajar mengajar di pendidikan dasar.

Penelitian yang akan kami lakukan ini mempunyai tujuan untuk mendalami dan menganalisis adanya dampak dari penggunaan metode storytelling dalam proses meningkatkan kemampuan minat baca siswa kelas 3 Sekolah Dasar Negeri 105 Bengkulu Selatan. Metode storytelling ini dipilih sebagai salah satu metode pendekatan interaktif atau komunikasi yang mana bertujuan agar dapat memperkuat daya tarik minat siswa dalam membaca dan juga dapat dijadikan sebagai media yang dapat memotivasi siswa dalam mengembangkan minat baca yang ada pada diri mereka. Penelitian ini dilakukan dengan cara melibatkan siswa kelas 3 secara langsung dari SDN 105 Bengkulu Selatan. Penelitian ini juga dikatakan sebagai penelitian yang mengadopsi pendekatan eksperimen yang mana terdapat kelompok kontrol dan kelompok perlakuan. Kelompok kontrol itu akan menerima pembelajaran tanpa menggunakan metode storytelling, sedangkan kelompok perlakuan akan medapat pembelajaran dengan menggunakan metode storytelling tersebut. Dalam hal pengumpulan data mengenai peningkatan kemampuan minat baca siswa kelas 3 melalui penggunaan metode storytelling maka dapat melalui tes awal, tes akhir, observasi kelas dan angket minat baca siswa. Hasil penelitan ini menunjukkan bahwa peningkatan yang signifikan dalam upaya meningkatkan kemampuan minat baca siswa kelas 3 yang mendapatkan pembelajaran dengan menggunakan metode storytellinng dibandingkan dengan kelompok kontrol yang tidak menggunakan metode storytelling. Dalam analisis data juga dapat memberikan wawasan mengenai tentang faktor-faktor yang dapat mempengaruhi efektivitas metode storytelling dalam konteks pembelajaran minat baca siswa kelas 3. Penelitian ini juga memberikan kontribusi yang besar bagi pengembangan suatu strategi pembelajaran yang dapat diterapkan oleh guru untuk meningkatkan minat baca siswa SD kelas 3. Selain itu, penelitian ini juga dapat menjadi suatu landasan untuk melakukan penelitian lebih lanjut dalam menggali potensi metode storytelling sebagai suatu alat pembelajaran yang inovatif dalam proses belajar mengajar di pendidikan dasar.

 

Published
2024-09-28