Upaya Meningkatkan Hasil Prestasi Belajar Matematika Pada Materi Operasi Hitung Perkalian Dengan Mengunakan Metode Jarimatika Kelas 4 SDN 102 Bengkulu Selatan
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan dengan tujuan untuk mencari tahu apakah materi operasi hitung perkalian pada pembelajaran matematika di kelas IV SDN 102 Bengkulu Selatan dengan mengunakan metode jarimatika dapat meningkatkan hasil prestasi belajar siswa. metode jarimatika diharapkan dapat membatu mengatasi masalah rendahnya hasil prestasi belajar siswa pada materi operasi hitung perkalian kelas IV SDN 102. Metode dalam penelitian ini mengunakan Deskriptif yakni pengabungan antara kuantitatif dan kualitatif, penelitian ini teknik pengumpulan datanya mengunakan lembar observasi dan tes. Proses penelitian yang digunakan dengan mengunakan dua siklus yang pada proses pengumpulan datanya yang sudah dilakukan dengan pengamatan dan tes. Hasil dari proses pengumpulan data tersebut dapat dilihat bahwa pada setiap siklus terdapat peningkatan yang sangat baik yang dapat dilihat pada siklus pertama hasil prestasi belajar siswa dari rata – rata 56 mengalami peningkatan menjadi 85,3 di siklus kedua, kemudian untuk melihat ketuntasan belajar siswa dilihat dari ketuntasan klasikal yang tadinya pada siklus pertama 56% siswa yang tuntas mengalami peningkatan menjadi 80% siswa yang tuntas pada siklus kedua. Sedangkan dalam proses belajar mengajar untuk mengetahui keaktifan siswa dilakukan dengan obsevasi aktivitas belajar siswa rata – rata pada silkus pertama itu sebesar 1,79 mengalami peningkatan menjadi 2,8 dari nilai maksimum 3,0 pada siklus kedua. Dari hasil tersebut dapat diketahui bahwa metode jarimatika dapat meningkatkan hasil prestasi belajar siswa pada materi operasi hitung perkalian pembelajaran matematika kelas IV SDN 102 Bengkulu Selatan.
References
Astuti, T. (2022). Metode berhitung lebih capat jarimatika. Jakarta: Lingkar media
Astuti, T.(2023). Metode berhitung lebih cepat jarimatika untuk SD. Jakarta: Bintang Indonesia
Afriani, D., Fardila, A., Septian, G. D., Margakaya, S., Ciranggon, J., Karawang, P. M., ... & Cimahi, K. (2022). Penggunaan metode jarimatika dalam meningkatkan kemampuan berhitung perkalian pada siswa sekolah dasar. Journal of Elementary Education, 2(05). https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=penelitian+jarimatika+perkalian+SD+&btnG=#d=gs_cit&t=1705634539661&u=%2Fscholar%3Fq%3Dinfo%3AzRushjEdyY0J%3Ascholar.google.com%2F%26output%3Dcite%26scirp%3D0%26hl%3Did
Alviani, V., Nurhidayati, I., & Praptiningsih, P. (2023). Pengaruh Metode Jarimatika terhadap Keterampilan Berhitung Perkalian pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas 2 di Madrasah Ibtidaiyah Terpadu Amanah Kebonromo Kecamatan Ngrampal Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2023/2024. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 10(4), 387-396. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=penelitian+jarimatika+perkalian+SD+2021+-+2024+&btnG=#d=gs_cit&t=1705638342427&u=%2Fscholar%3Fq%3Dinfo%3A27cVr_2v1Q4J%3Ascholar.google.com%2F%26output%3Dcite%26scirp%3D2%26hl%3Did
Akmalia, R., & Marzuki, I. (2023). Implementasi Metode Jarimatika Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Perkalian Di Kelas III SD Al-Madany. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(1), 2414-2421. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=penelitian+ptk+jarimatika+SD+&btnG=#d=gs_cit&t=1705639681183&u=%2Fscholar%3Fq%3Dinfo%3Afs9jT_zkL7kJ%3Ascholar.google.com%2F%26output%3Dcite%26scirp%3D6%26hl%3Did
Bete, M. (2021). Pengaruh Metode Jarimatika Terhadap Hasil Belajar Perkalian Siswa Kelas Iii Sd Inpres Sikumana 3 Kupang. SPASI: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Dasar, 2(2), 38-50. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0,5&qsp=1&q=materi+perkalian+metode+jarimatika&qst=br#d=gs_cit&t=1705638725894&u=%2Fscholar%3Fq%3Dinfo%3A5Jrtjf-OGoYJ%3Ascholar.google.com%2F%26output%3Dcite%26scirp%3D8%26hl%3Did
Haramadan, H., & Adri, D. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Perkalian dengan Menggunakan Metode Jarimatika di Kelas III Sekolah Dasar. Prosa: Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 110-116. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=penelitian+PTK+metode+jarimatika+pada+materi+perkalian+SD+2021-+2024++&btnG=#d=gs_cit&t=1705639455315&u=%2Fscholar%3Fq%3Dinfo%3ArD2lqHTQXdsJ%3Ascholar.google.com%2F%26output%3Dcite%26scirp%3D0%26hl%3Did
Hendra. (2022). Metode jarimatika teknik berhitung cepat menguasai perkalian dengan jari tangan. Jakarta: Bintang Indonesia.
Jihan, A., Fahri, M., & Kasman, R. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika dengan melalui Metode Jarimatika pada Siswa Kelas II SDI Modern El-Cordova. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7221-7228. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=penelitian+ptk+jarimatika+SD+&btnG=#d=gs_cit&t=1705640056721&u=%2Fscholar%3Fq%3Dinfo%3AkgiioC2aV7UJ%3Ascholar.google.com%2F%26output%3Dcite%26scirp%3D5%26hl%3Did
Kamara, I. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa menggunakan Model Jarimatika pada Siswa SD Negeri 4 Makmur. Asimetris: Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 3(1), 7-12. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=penelitian+ptk+jarimatika+SD+&btnG=#d=gs_cit&t=1705639906000&u=%2Fscholar%3Fq%3Dinfo%3A74j81XM9gCoJ%3Ascholar.google.com%2F%26output%3Dcite%26scirp%3D9%26hl%3Did
Nurazizah, A., Maulana, P., & Kusnandar, N. (2022). Pengaruh metode jarimatika terhadap pemahaman konsep matematika siswa materi perkalian. 2(1). https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0,5&qsp=1&q=materi+perkalian+metode+jarimatika&qst=br#d=gs_cit&t=1705639247297&u=%2Fscholar%3Fq%3Dinfo%3A5wv6llSExXUJ%3Ascholar.google.com%2F%26output%3Dcite%26scirp%3D7%26hl%3Did
Nurhayati, N. (2023). Penerapan Metode Jarimatika dan Metode Drill untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III SD Negeri 02 Madukoro Kotabumi TP 2015/2016. Jurnal Pendidikan Payan Mas, 2(1), 95-107. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=penelitian+ptk+jarimatika+SD+&btnG=#d=gs_cit&t=1705639790814&u=%2Fscholar%3Fq%3Dinfo%3Ad1H0ydoLOW4J%3Ascholar.google.com%2F%26output%3Dcite%26scirp%3D8%26hl%3Did
Putri, I. P., Disurya, R., & Imansyah, F. (2024). Hubungan Metode Jarimatika dengan Perkalian dalam Pembelajaran Matematika pada Siswa Sekolah Dasar. Journal on Education, 6(2), 11611-11620. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=penelitian+metode+jarimatika+untuk+perkalian+2021+-+2024&btnG=#d=gs_cit&t=1705637822092&u=%2Fscholar%3Fq%3Dinfo%3AdmSdI7l4CBsJ%3Ascholar.google.com%2F%26output%3Dcite%26scirp%3D1%26hl%3Did
Putri, A., Roziqin, M. M., Dilas, A. A., Sinabel, M. A., & Pebriandi, P. (2023). Upaya peningkatan hasil belajar siswa pada materi perkalian kelas III dengan metode jarimatika. DASAR. J-ABDI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 3(5), 979-988. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=penelitian+jarimatika+perkalian+SD+2021+-+2024+&btnG=#d=gs_cit&t=1705638563550&u=%2Fscholar%3Fq%3Dinfo%3APKRnPlQvsYAJ%3Ascholar.google.com%2F%26output%3Dcite%26scirp%3D6%26hl%3Did
Ringo, R. S., Purba, N. A., & Sidabutar, Y. A. (2023). Pengaruh metode jarimatika terhadap hasil belajar perkalian siswa kelas III UPTD SDN 122350 kota pematang Siantar. Pengembangan Penelitian Pengabdian Jurnal Indonesia (P3JI), 1(4), 346-352. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=penelitian+jarimatika+perkalian+SD+2021+-+2024+&btnG=#d=gs_cit&t=1705638432802&u=%2Fscholar%3Fq%3Dinfo%3AjfRT3vL2Gi0J%3Ascholar.google.com%2F%26output%3Dcite%26scirp%3D4%26hl%3Did
Julianto, Alfin. 2019. Kolaborasi Pendidikan Nonformal, Informal, dan Formal dalam Pendidikan Pemuda di Daerah Istimewa Yogyakarta. DIKLUS: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah 1(3): 14-22. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/jurnaldiklus/article/view/24644/13186.
Julianto, A., Siregar, N.S., Suryani, A.I. Problematika Pembelajaran Daring pada Mahasiswa STIT Al-Quraniyah di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan 2(2): 173-179. Retrieved from https://scholar.google.co.id/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=8ZDU5LYAAAAJ&citation_for_view=8ZDU5LYAAAAJ:Se3iqnhoufwC
Siregar, N.S., & Julianto, A. 2022. Dampak Perubahan Kurikulum terhadap Buku Paket Bahaasa Indonesia sebagai Kebijakan Pemerintah. Jurnal Pendidikan Islam Al-
Affan. 3(1): 1-11. Retrieved from https://ejournal.stit-alquraniyah.ac.id/index.php/jpia/article/view/89
Copyright (c) 2024 Vety Marlena
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.