Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini di Ra Ja’far Al-Amin Bengkulu Selatan

  • Yubi Juliadi UIN FAS Bengkulu
  • Alimni UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu
Keywords: Anak Usia Dini, Manajemen Pendidikan, Ra Ja’far Almin

Abstract

Pendidikan untuk anak usia dini tengah ramai diperbincangkan karena banyak pendapat mengungkapkan bahwa manajemen lembaga pendidikan anak usia dini berada dalam keadaan yang tidak baik. Hal tersebut menarik perhatian peneliti untuk mencari tahu secara langsung pernyataan tersebut benar atau tidak, dan memutuskan untuk melakukan penelitian di Ra Ja’far Al-Amin Bengkulu Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen pendidikan di Ra Ja’far Al-Amin Bengkulu Selatan. Penelitian ini menggunakan Teknik pengumpulan data berupa hasil wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ra Ja’far Al-Amin Bengkulu Selatan sudah menerapkan dengan baik manajemen pendidikan di sekolah dengan berlandaskan apa yang ditetapkan dalam Standar Nasional.

 

Kata kunci: Anak Usia Dini, Manajemen Pendidikan, Ra Ja’far Al-Amin.

References

C. . Ho, 2009, “Human resource management in Hong Kong preschools: the impact of falling rolls on staffing,” Int. J. Educ. Manag., vol. 23, no. 9, hlm. 217–226, 2009, doi: https://doi.org/10.1108/09513540910941720.

M. Yanto, “Manajemen Mutu Pendidikan Anak Usia Dini Wijaya Kusuma Rejang

Lebong,” Zuriah J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 1, no. 2, hlm. 97–106, 2020, doi:

29240/zuriah.v1i2.2020.

Suharti, “Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dalam Rangka Meningkatkan

Mutu Pembelajaran (Studi pada PAUD Negeri Pembina Curup dan PAUD Pertiwi Kabupaten Rejang Lebong),” J. STUDI Manaj. Pendidik., vol. 2, no. 1, hlm. 51–70, 2018, doi: https://dx.doi.org/10.29240/jsmp.v2i1397.

S. N. Botutihe, “Pola Pengelolaan Pendidikan Anak Usia Dini di Kota Gorontalo,” J.

Obsesi J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 4, no. 2, hlm. 883–891, 2020, doi: 10.31004/obsesi.v4i2.481.

U. R. Wahyudin, “Implementasi Manajemen Pendidikan Berbasis Masyarakat dalam

Penjaminan Mutu Pendidikan Anak Usia Dini,” J. Obsesi J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol.

, no. 2, hlm. 652–663, 2021, doi: 10.31004/obsesi.v6i2.1357.

U. Ruslan Wahyudin dan H. Permana, 2020, “Education Quality Assurance Management in

the Faculty of Health Science, Singaperbangsa Karawang University,” KnE Soc. Sci., vol.

, hlm. 505–512, 2020, doi: 10.18502/kss.v4i14.7909.

Z. Maiza dan N. Nurhafizah, “Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan dalam

Meningkatkan Profesionalisme Guru Pendidikan Anak Usia Dini,” J. Obsesi J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 3, no. 2, hlm. 356–365, 2019, doi: 10.31004/obsesi.v3i2.196.

Published
2024-04-21