IMPLEMNTASI PELAKSANAAN ASASAMEN INFORMAL PADA PEMBELAJARN PAUD SAQEENA INSANI DESA CAHAYA NEGERI, KABUPATEN SELUMA

  • ade febrianti valentina uin fatmawati soekarno bengkulu
  • Nasron HK Universitas Islam Negeri Fatmawati Soekarno Kota Bengkulu
  • Lire Pratiwi Universitas Islam Negeri Fatmawati Soekarno Kota Bengkulu
Keywords: Asasmen; anak usia dini; formal; informal;

Abstract

Asesmen pada anak usia dini tidak hanya bertujuan untuk mengetahui sejauh mana anak tumbuh dan berkembang. Tapi juga membantu guru dalam menentukan penyelesaian masalah perkembangan anak, maka salah satu kompentensi yang mesti dikuasai oleh guru atau calon guru adalah kemampuan untuk melakukan evaluasi dalam proses kegiatan belajar mengajar. Sedangkan asasmen informal lebih cenderung berupa penilaian yang tidak sistematis dan tidak menggunakan prosedur yang terarah pasti. Macam-macam bentuk penilaian nontes terdiri dari daftar cek, skala rentang, penilaian sikap, penilaian proyek, penilaian produk, penilaian protofolio, penilaian diri, dan tugas-tugas. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan macam-macam asasmen informal yang dilakukan dalam PAUD Saqeena Insani. Menyeluruh peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif deskripsi. Hasil dari penelitian ini yaitu sebagai berikut: 1) Cacatan anekdot. 2) Ceklist (Checklist). 3) hasil kerja anak (Samples of Children’s Work). 4) Sekala pencapayan (Ratting Scales).

References

Aqib, Zainal. 2014. Model-model, Media dan Strategi Pembelajaran Kontektual. (CV. Yrama Widya: Bandung).
Azizah Nurul Fadlilah. 2021. Hambatan Pelaksanaan Asesmen Informal Dalam Pembelajaran Paud, Jurnal Cakrawala Dini. Vol. 12. No.1.
Creswell John W. 2015. Penelitian Kualitatif dan Desain Riset (Yogyakarta: Pustaka Belajar).
Fadlilah Azizah Nurul. 2021. Hambatan Pelaksanaan Asesmen Informal Dalam Pembelajaran Paud, Jurnal Cakrawala Dini. Vol. 12. No.1.
Humam Muhammad RidhoFatkhul. 2022. Problematika Dalam Pelaksanaan Asesmen Kompetensi Minimum (Akm) Pada Siswa Kelas 5 Sdn Ketawanggede Kota Malang.
Mulyana Wiwiek. 2022. Kajian Asesmen Dalam Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Biologi, Skripsi Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Purnama Sigit. 2023. ASESMEN PEMBELAJARAN PADA ANAK USIA DINI. (Jakarta: Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia Lantai VII dan VIII Gedung Kementerian Agama Jalan Lapangan Banteng Barat Nomor 3-4 Jakarta Pusat, DKI Jakarta).
Published
2024-04-21