Implementasi Pelaksanaan Asesmen Informal Pada Paud Saqeena Insani Cahaya Negeri Kabupaten Seluma

  • Ade Febrianti Valentina uin fatmawati soekarno bengkulu
  • Nasron HK Universitas Islam Negeri Fatmawati Soekarno Kota Bengkulu
  • Lire Pratiwi Universitas Islam Negeri Fatmawati Soekarno Kota Bengkulu
Keywords: Asasmen; anak usia dini; formal; informal;

Abstract

Asesmen pada anak usia dini tidak hanya bertujuan untuk mengetahui sejauh mana anak tumbuh dan berkembang. Dalam menentukan penyelesaian masalah perkembangan anak, maka salah satu kompentensi yang mesti dikuasai oleh guru atau calon guru adalah kemampuan untuk melakukan evaluasi dalam proses kegiatan belajar mengajar. Sedangkan asasmen informal lebih cenderung berupa penilaian yang tidak sistematis dan tidak menggunakan prosedur. Macam-macam bentuk penilaian nontes terdiri dari daftar cek, skala rentang, penilaian sikap, penilaian proyek, penilaian produk, penilaian protofolio, penilaian diri, dan tugas-tugas. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan macam-macam asasmen informal yang dilakukan dalam PAUD Saqeena Insani. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskripsi. Instrumen yang digunakan yaitu Cacatan anekdot, Ceklist (Checklist), hasil kerja anak (Samples of Children’s Work), Sekala pencapayan (Ratting Scales). Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa Asasmen merupakan suatu proses kegiatan yang bertujuan untuk mengumpulkan data atau bukti-bukti tentang perkembangan dan hasil belajar yang berkaitan dengan perkembangan anak usia dini. Sedangkan asasmen informal lebih cenderung berupa penilaian yang tidak sistematis dan tidak menggunakan prosedur yang terarah pasti. Macam-macam bentuk penilaian nontes terdiri dari daftar cek, skala rentang, penilaian sikap, penilaian proyek, penilaian produk, penilaian protofolio, penilaian diri, dan tugas-tugas.

 

References

Aqib, Zainal. 2014. Model-model, Media dan Strategi Pembelajaran Kontektual. (CV. Yrama Widya: Bandung).

Azizah Nurul Fadlilah. 2021. Hambatan Pelaksanaan Asesmen Informal Dalam Pembelajaran Paud, Jurnal Cakrawala Dini. Vol. 12. No.1.

Creswell John W. 2015. Penelitian Kualitatif dan Desain Riset (Yogyakarta: Pustaka Belajar).

Fadlilah Azizah Nurul. 2021. Hambatan Pelaksanaan Asesmen Informal Dalam Pembelajaran Paud, Jurnal Cakrawala Dini. Vol. 12. No.1.

Humam Muhammad RidhoFatkhul. 2022. Problematika Dalam Pelaksanaan Asesmen Kompetensi Minimum (Akm) Pada Siswa Kelas 5 Sdn Ketawanggede Kota Malang.

Mulyana Wiwiek. 2022. Kajian Asesmen Dalam Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Biologi, Skripsi Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Purnama Sigit. 2023. ASESMEN PEMBELAJARAN PADA ANAK USIA DINI. (Jakarta: Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia Lantai VII dan VIII Gedung Kementerian Agama Jalan Lapangan Banteng Barat Nomor 3-4 Jakarta Pusat, DKI Jakarta).

Published
2024-04-21