Evaluasi Metode Pembelajaran melalui Kegiatan Bernyanyi dalam Upaya Meningatkan Kosa Kata Anak Usia Dini

  • Syisva Nurwita Universitas Dehasen Bengkulu
  • Ranni Fitria Imran
  • Rika Partikasari
Keywords: Kota Kata, Metode Bernyanyi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan metode bernyanyi untuk meningkatkan perkembangan kosakata anak usia dini di PAUD AIZA. Jenis penelitian yang digunakan adalah Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan Riset Aksi Model Jhon Elliot. Adapun hasil penelitian diketahui bahwa secara keseluruhan aktivitas guru dalam penerapan bernyanyi mengalami peningkatan. Hal ini terlihat pada setiap pertemuan yang mengalami peningkatan, pada siklus I pertemuan I persentase rata-rata 53,3% dengan kriteria cukup baik, meningkat menjadi 73,3% dengan kriteria cukup baik, dan meningkat lagi pada siklus II siklus I. pertemuan menjadi 86,7% dengan kriteria baik dan meningkat lagi pada siklus II pertemuan kedua menjadi 93,3%. Pada kegiatan anak dapat dijelaskan bahwa nilai rata-rata yang diperoleh pada siklus I pertemuan I sebesar 46,7% angka ini berada pada kategori kurang baik (K), pada siklus II pertemuan II sebesar 56,3% angka tersebut berada pada kategori kurang (K), pada siklus II pertemuan pertama sebesar 67,1%, dan pada siklus II pertemuan kedua sebesar 82,5%, angka ini berada pada kategori Baik (B). Hal ini terlihat dari setiap pertemuan aktivitas anak mengalami peningkatan. Berdasarkan analisis data dan melalui hasil persentase maka dapat dikatakan bahwa melalui penerapan bernyanyi dapat meningkatkan penguasaan kosakata anak usia 5-6 tahun di Paud Aiza. Hasil yang diperoleh pada siklus I rata-rata 40,15% dengan kriteria MB (Mulai Berkembang) dan pada siklus II rata-rata 70,47% dengan kriteria BSH (Berkembang Sangat Baik). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan bernyanyi dapat meningkatkan penguasaan kosakata pada anak usia 5-6 tahun di Paud Bengkulu.

References

Aini, A.U. ( 2019). Pengaruh Metode Bernyanyi terhadap Pemerolehan Kosa Kata Anak Usia Dini. Repository. Universitas Negeri Semarang.

Aini, S. N. (2022). Efektivitas Metode Bernyanyi dalam Meningkatkan Pemerolehan Kosa Kata Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 16(1), 35-45.

Arikunto, Suharsimi. (2016). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Hirsh-Pasek, K., Zosh, J. M., Golinkoff, R. M., Gray, J. H., Bobb, M. B., & Kaufman, J. (2015). Putting education in “educational” apps: Lessons from the science of learning. Psychological Science in the Public Interest, 16(1), 3– 34. https://doi.org/10.1177/1529100615569721

Hart dan Risley (1995) Meaningful differences in the everyday experiences of young american children. Baltimore, MD: Paul H. Brookes.

Lidia, P. (2020). Efektivitas Metode Bermain Peran Untuk Mengembangkan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini DI TK Dharma Wanita Kedaloman Kecamatan Gunung ALIFKAB.TANGGAMUS. Repository UIN Raden Intan Lampung.

Muyassaroh. (2015). Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jakarta: Rineka Cipta

Purwanto. 2013.Evaluasi Hasil Belajar.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.

Yus, A. (2011). Model Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.

Published
2023-12-27