Strategi Guru Akidah Akhlak dalam Pembentukan Karakter Peserta didik di MTs AL-Qur’aniyah tahun ajaran 2022/2023

  • Miki Suprianto Dosen
Keywords: Kata kunci: Strategi; karakter; akidah akhlak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang digunakan oleh Guru Akidah Akhlak dalam membentuk karakter peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Al-Quraniyah di bawah naungan Yayasan Affan Al-Quraniyah Manna Bengkulu Selatan. Penelitian ini mengedepankan gambaran fakta akurat dan objektif dari lapangan yang disusun menggunakan metode penelitian deskriftif kualitatif.  Subjek penelitian ini terdiri dari Kepala Sekolah, 2 orang guru akidah akhlak, dan  peserta didik MTs Al-Quraniyah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi pembiasaan bersifat kontekstual yang diterapkan oleh guru akidah akhlak terbukti efektif dalam membentuk karakter peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Al-Quraniyah. Kegiatan pembiasaan ini melliputi Taqrir, berdo’a sebelum belajar, sholat dhuha, sholat dzuhur berjama’ah, dan ritinitas jumat pagi. Selain itu, pendidikan karakter juga diintegrasikan dalam proses pembelajaran di dalam kelas dan diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari sehingga terbentuklah peserta didik yang berkarakter Islami. 

 

 

References

Asrori, Muhammad. 2013. Pengertian, Ruang Lingkup dan Tujuan Pembelajaran. Jurnal Madrasah Vol. 5 No. 2 Online resource https://media.neliti.com/media/publications/146275-ID-pengertian-tujuan-dan-ruang-lingkup-stra.pdf
Bahri Djamarah, Syaiful. 2005. Guru dan Anak Didik dalam Intraksi Edukatif. Jakarta: PT RINEKA CPTA.
Dayani, Silvia., dkk. 2020. Peran Guru Akidah Akhlak dalam Menanamkan Sikap Prilaku Siswa Kelas VII MTs Al-Washliyah Gedung Johor. Jurnal Taushiah FAI UISU Vol. 10 No. p-ISSN 1907-0349 e-ISSN 2597-1353
Erlina, Desvita. 2023. Guru Akidah Akhlak MTs Al-Quraniyah. Manna Bengkulu Selatan.
Gunawan, Heri. 2012. Pendidikan Karakter (Konsep dan Implementasi). Bandung: ALFABETA.
Hakim Alfajar, Lukman. 2014. Upaya Pengembangan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Negeri Sosrowijayan. Skripsi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.
Moleong. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mubin, Fathkul. 2020. Kajian Literatur Pendidikan Agama Islam di SMA dan Perguruan Tinggi. Online resource:https://www.academia.edu/82593276/Kajian_Literatur_Pendidikan_Agama_Islam_di_SMA_dan_Perguruan_Tinggi.
Puspita, Fulan. 2015. Pembentukan Karakter Berbasis Pembiasaan dan Keteladanan (Studi atas Peserta Didik Madrasah Tsnawiyah Negeri Yogyakarta 1). A Thesis of Program Pascasarjana UIN Sunan KaliJaga Yogyakarta.
Rabbi, Muhammad & Muhammad Jauhari. 2006. Keistimewaan Akhlak Islami. Bandung: CV Pustaka Setia. Or online source http://library.iainmataram.ac.id//index.php?p=show_detail&id=17865
Rukhayati, Siti. 2022. Strategi Guru PAI Dalam membia karakter peserta didik SMK Al Falah Salatiga. (LP2M SALATIGA).
Sanjaya, Wina. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.
Shali Hamas, Alvares. 2023. Peserta didik MTs Al-Quraniyah. Manna Bengkulu Selatan.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
UU No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Bab I Ketentuan Umum Pasal I ayat 6.
UU RI No. 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Bab 1 Ketentuan Umum Pasal 1 ayat 1.
Vitrah, Omo. 2023. Guru Akidah Akhlak MTs Al-Quraniyah. Manna Bengkulu Selatan.
Wahyudi, Dedi. 2017. Penghantar Aqidah Akhlak dan Pembelajaranya. Lintang Rasi Aksara Books: https://books.google.co.id/books?id=iUI9DwAAQBAJ&printsec=frontcover&dq=iUI9DwAAQBAJ&hl=id&sa=X&ved=0ahUKEwjio6f_6PXnAhVKbn0KHUSMDEEQ6AEIKDAA#v=onepage&q&f=false
Ya’kob, Hamzah. 2003. Etika Islam. Bandung: Diponogoro.
Published
2023-09-30