Problematika Membaca Teks Bahasa Inggris Mahasiswa Pendidikan Agama Islam Semester I Di Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Quraniyah (STITQ) Manna Bengkulu Selatan
Abstract
Penelitian ini diadakan untuk mengetahui batasan kemampuan mahasiwa dalam membaca teks bahasa inggris. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa pendidika agama islam semester I STITQ Manna Bengkulu Selatan. Penelitian ini Menggunakan Metode Deskriptif Kualitatif. Penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Wawancara dan Observasi digunakan untuk mendapatkan hasil pemahaman dan kesulitan mahasiswa dalam mengucapkan kata didalam teks bacaan bahasa inggris. Hasil dari penelitian ini permasalahan pembelajaran bahasa Inggris dilihat dari segi faktor pada mahasiswa  STITQ Manna Bengkulu Selatan yakni dipengaruhi oleh sikap terhadap belajar, motivasi belajar, konsentrasi belajar, kebiasaan belajar. Mahasiswa juga mengalami kegugupan, kekhawatiran dan kurangnya rasa percaya diri selain itu dalam mengucapkan kalimat bahasa inggris mahasiswa tidak bisa mengucapkan huruf vocal dan konsonan secara benar.
References
Dimyati dan Mudjiono. 2010. Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta
Hamalik, Oemar. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Bina Aksara.
Moleong, Lexy J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Munirah, M. (2018). Peranan Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa. TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol. 3, No. 02, 113.
Miles, M. B dan A. Michael Huberman. (1994). Qualitative Data Analysis. California: Sage Publications.
Moleong, Lexy J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta.
Sugiyono. 2012. Statistika Untuk Penelitian, Bandung: Alfabeta
Suyanto dan Djihad Hisyam. Refleksi dan Reformasi Pendidikan Indonesia Memasuki Millenium III. Yogyakarta: Adi Cita
Siswoyo, Dwi. 2007. Ilmu Pendidikan, Yogyakarta: UNY Pers.
Copyright (c) 2023 Wiwit Akriani, Yeti Dewanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.