Implementasi Metode Bercerita Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Di Raudhatul Athfal Bina Ilmu Kota Bengkulu

  • Arip Widodo Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Quraniyah
Keywords: Metode Bercerita, Kemampuan Berbicara

Abstract

Metode pembelajaran yang digunakan oleh guru kurang berinovasi, sehingga pembelajaran hanya berpusat pada guru (teacher center), sehingga kemampuan berbicara anak belum berkembaang secara maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar iplementasi metode bercerita dalam meningkatkan kemampuan berbicara anak. Metode penelitan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman. Penentuan informan penelitian menggunakan teknik purposive sampling. informan dalam penelitian adalah anak klompkok B Raudhatul Athfal Bina Ilmu Kota Bengkulu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Melalui metode bercerita dapat meningkatkan kemampuan berbicara dalam kehidupan sehari-hari anak dengan metode bercerita anak lebih fokus dalam mendengarkan serta antusias dalam mendengarkan crita yang disampaikan oleh guru.

References

Bungin, Burhan. 2010. Metode Penelitian Kualitatif (Aktualisasi Metodologis Kearah Ragam Varian Kontempore. Jakarta: Rajawali Pers

Iskandar. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial (Kuantitatif dan Kualitatif). Jakarta:GP Press

Mashar, Riana. 2011. Emosi Anak Usia Dini dan Strategi Perkembangannya.

Nazir. 2005. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia

Santrock, J.W. 2007. Perkembangan Anak (Alih bahasa: Mila Rahmawati&Anna Kuswanti). Jakarta: Erlangga

Suhartono. 2005. Pengembangan Keterampilan Bicara Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas

Sudarwan, Danim. 2002. Menjadi Peneliti Kualitatif (Ancangan Metodologi, Presentasi, dan Publikasi Hasil Penelitian Untuk Mahasiswa dan Peneliti Pemula Bidang Ilmu-Ilmu Sosial dan Humaniora) cetakan ke- 1. Bandung: Pustaka Setia

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Gramedia

Suwandi, Basrowi. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta

Yuliani Nurani Sujiono. 2012. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini.Jakarta: Indeks.

Julianto, Alfin. 2019. Kolaborasi Pendidikan Nonformal, Informal, dan Formal dalam Pendidikan Pemuda di Daerah Istimewa Yogyakarta. DIKLUS: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah 1(3): 14-22. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/jurnaldiklus/article/view/24644/13186.

Julianto, A., Siregar, N.S., Suryani, A.I. Problematika Pembelajaran Daring pada Mahasiswa STIT Al-Quraniyah di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan 2(2): 173-179. Retrieved from https://scholar.google.co.id/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=8ZDU5LYAAAAJ&citation_for_view=8ZDU5LYAAAAJ:Se3iqnhoufwC

Siregar, N.S., & Julianto, A. 2022. Dampak Perubahan Kurikulum terhadap Buku Paket Bahaasa Indonesia sebagai Kebijakan Pemerintah. Jurnal Pendidikan Islam Al-

Affan. 3(1): 1-11. Retrieved from https://ejournal.stit-alquraniyah.ac.id/index.php/jpia/article/view/89

Published
2023-09-25