Peningkatan Kemampuan Menulis Paragraf Deskripsi Menggunakan Strategi Pembelajaran Peta Konsep (Concept Mapping)
Abstract
Tujuan artikel ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis paragraph deskripsi menggunakan strategi pembelajaran peta konsep (concept mapping). Jumlah subjek peneltiannya adalah 102 siswa di kelas VIII SMP AL Watan Ambon. Penelitian ini adalah Kuantitatif. Desain penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah quasi- experimental designs yang mengambil bentuk penilaian Pretest-Posttest Control Group Design (Rancangan Tes Awal dan Akhir dengan Kelompok Kontrol). Berdasarkan hasil tes uji validitas, ditemukan bahwa kelas eksperimen mempunyai nilai tertinggi yaitu 0,76 (kriterium validitas tinggi), sedangkan kelas kontrol, memiliki nilai validitas 0,60 (kriterium validitas sedang). Pembahasan angket menggunakan skala Likert dengan merujuk pada diagram untuk melihat tingkat jawaban siswa pada setiap soal. Menggunakan pedoman wawancara terstruktur untuk guru dan siswa. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, disimpulkan bahwa melalui pembelajaran menulis paragraf deskripsi menggunakan strategi pembelajaran peta konsep dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pokok bahasan mengenai paragraf deskripsi Siswa Kelas VIII SMP Al-Watan Ambon.
Kata Kunci: Concept Mapping, Strategi Pembelajaran, Peta Konsep
References
Arends. 1997. Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivisme. Jakarta: Prestas Pustaka.
Arikunto, Suharsimi. 2000. Manajemen Penelitian. Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Praktek. Jakarta: Asdi Mahasatya. Arikunto, Suharsimi. 2003. Prosedur Penelitian Suatu Praktek. Jakarta: Bina Aksara. Awofala. A. O.D. 2011. Effect of Concept Mapping Strategy On Students Achievement in junior secondary School Mathematic. International Journal of Mathematic Trends and Technology 2: 11-16.
Ekalawati, R., Fitria, H., & Mulyadi, M. (2020). Pengaruh Kepemimipinan Kepala Sekolah dan Komitmen Kerja Terhadap Profesionalisme Guru. Jurnal Al Qiyam, 1(1), 173-179.
Furchan A. 2004.Pengantar Penelitian dalam Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Furqon dan Emilia E. (2010). Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif (Beberapa Isu Kritis).
Haikal, H. (2018). Interactive metadiscourse and interactional metadiscourse categories of students’international program school based on gender. IJEE (Indonesian Journal of English Education), 5(1).
Hartati, J., Fitria, H., & Rohana, R. (2020). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Al Qiyam, 1(1), 149-159.
Lisman, L., Markuna, M., & Wicaksono, H. (2020). Strategi Guru dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Siswa di MTs Al-Maarif Banyorang. Jurnal Al Qiyam, 1(1), 54-69.
Nur, Muhammad. 2000. Pengajaran Berpusat pada Siswa dan Pendekatan Konstruktivisme dalam Pengajaran. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
Raberi, A., Fitria, H., & Fitriani, Y. (2020). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Peran Komite Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Al Qiyam, 1(2), 11-20.
Sari, Y. A., & Suhono, S. (2017). Applaying Transition Action Detail Strategy on Written Text of EFL Young Learners. Jurnal Iqra': Kajian Ilmu Pendidikan, 2(1), 1-24.
Suhono, S., & Sari, D. A. (2020). Developing Students’ Worksheet Based Educational Comic for Eleventh Grade of Vocational High School Agriculture. Anglophile Journal, 1(1), 29-40.
Suhono, S. (2016). Surface strategy taxonomy on the efl students composition a study of error analysis. Jurnal Iqra': Kajian Ilmu Pendidikan, 1(2), 1-30.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Taniredja, Tukiran dkk. 2012. Penelitian Kuantitatif. Bandung:Alfabeta.
Tarigan, Hendri. Guntur. 2013. Menulis sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung:Angkasa
Yunus, M. dkk. 2015. Keterampilan Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.
Copyright (c) 2020 Jolanda Dessye Parinussa, Viona Sapulette, Merlyn Rutumalessy, Anatasya Yoris
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.