Inovasi Pembelajaran IPAS pada Kurikulum Merdeka Belajar di SDN 25 Bengkulu Selatan

  • Donna Meylovia STIT Al-Quraniyah Manna Bengkulu Selatan
  • Alfin Julianto STIT Al Quraniyah
Keywords: Kata Kunci : IPAS, Kurikulum, Siswa, SD.

Abstract

Perubahan kurikulum dengan berbagai inovasi dalam pembelajaran. Inovasi yang muncul selepas perubahan kurikulum yaitu muncul mata pelajaran IPAS. IPAS merupakan bentuk perpaduan antara pelajaran ilmu pengetahuan alam (IPA) dan ilmu pengetahuan sosial (IPS). Peneliti bertujuan memberikan gambaran mengenai inovasi pembelajaran IPAS pada kurikulum merdeka belajar di SDN 25 Bengkulu Selatan menggunakan metode kualitatif desktiptif. Subjek dalam penelitian berupa siswa SDN 25 Bengkulu selatan, fokus penelitian tertuju pada siswa kelas 4 dengan tiga siswa yang menjadi sempel utama. Waktu untuk pengambilan sempel antar siswa berbeda, digunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi antar siswa. Adapun teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi IPAS memberikan perubahan terhadap media yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran yang mencangkup IPA dan IPS. Adanya perubahan metode yang digunakan guru pada pembelajaran IPAS. Serta pembelajaran IPAS memiliki banyak banyak manfaat bagi siswa, guru dan sekolah. Manfaat bagi siswa diantaranya menjadikan siswa lebih bijak dikarenakan dapat melihat dua sisi pembelajaran secara langsung baik dari segi IPA maupun IPS, memberikan  kesempatan kepada siswa untuk mengekspor pengetahuan yang diperolehnya ke lingkungan serta memberikan kebebasan untuk siswa  dalam mengelola lingkungan alam dan lingkungan sosialnya secara utuh sesuai dengan pemahamannya.

References

Aditya, Y. 2016. Pengaruh Penerapan Metode Resitasi terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Journal SAP. 2(1). 167. Retrived From file:///D:/1023-2992-1-PB.pdf. Diakses pada 10 Juni 2023.
Bahri, Syamsul. 2011. Pengebangan Kurikulum Dasar dan Tujuannya. 1 (11). 20. Retrived From https://jurnal.ar-raniry.ac.id /index.php /islamfutura/ article/ view/61 . Diakses pada 10 April 2023.
Erlina. 2016. Inovasi Pembelajaran Melalui Pengembangan Penelitian dan Pengembangan Bahan Ajar. 1(8). 123. Retrived From http://ejournal.radenintan .ac.id /index. php/albayan/article/view/356/0. Diakses pada 10 April 2023.
Idrus, Muhammad. 2009. Metode Penelitian Ilmu Sosial, Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif, Jakarta : Erlangga.
KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia). Kamus versi online/daring (Dalam Jaringan). Retived from https://kbbi.web.id/didik. Diakses pada 12 Juni 2023.
Lathifa, F. 2020. Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Peserta Dididk Abad ke 21. Journal Ilmiah Profesi Pendidikan. 2(5). 134. Rerived From https://media.neliti.com/media/publications/347363-analisis-penggunaan-media-pembelajaran-t-c66bb8ce.pdf. Diakses pada 10 Juni 2023.
Lestary,Yessy. 2019. Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Kecerdasan Linguistik Pada Siswa Kelas VIII di SMPN 4 Bandar Lampung. Retrived From http://repository.radenintan.ac.id/7680/1/FILE% 20SKRIPSI %20PDF.pdf. Diakses pada 11 Juni 2023.
Nasution, M. 2017. Penggunaan Metode Pembelajaran Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Journal Ilmiah Bidang Pendidikan. 1(11). 12. Retrived From https://core.ac.uk/download/pdf/267962028.pdf. Diakses pada 10 Juni 2023.
Nugraha, T. 2022. Kurikulum Merdeka untuk pemulihan krisis pembelajaran. 2(19). 251. Retrived form file:///E:/45301-103238-2-PB.pdf. Diakses pada 10 April 2023.
Rahayu, Rahayu. dkk.2022. 4 (6). 6314. https://www. Researchgate .net/publication /362474285_Implementasi_Kurikulum_Merdeka_Belajar_di_Sekolah_Penggerak/download. Diakses pada 10 April 2023.
Restu,R.dkk. 2022. 2 (6). 2099. novasi Pembelajaran Abad 21 dan Penerapannya di Indonesia. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/2082/pdf. Diakses pada 27 Mei 2022.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CV Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Wijaya, Rengki.2018. Retrived from file:///E:/Analisis DataKualitatif Model Spradley Etnografi%20(1).pdf. Diakses pada 10 April 2023.
Zaki, Ahmad dan Dyan Yusri. 2020. Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran PKN di SMA Swasta Daruss’adah Kec. Pangkal Susu. Journal IAIN Langsa. 7(2). 811. Retrived From file:///D:/1787-Article%20Text-5648-1-10-20200817.pdf. Diakses pada 10 April 2023.
Published
2023-10-10