UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN MEWARNAI GAMBAR PADA ANAK KELOMPOK B DI TK PANCASILA JIMBUNG

  • Ridha Fadila Putri sekolah tinggi ilmu tarbiyah al-quraniyah manna
  • Masrini mahasiswa universitas terbuka
Keywords: motorik halus, kegiatan mewarnai gambar

Abstract

Kurangnya stimulasi yang diberikan oleh guru dalam mengembangkan motorik halus anak yang disebabkan penggunaan media yang kurang menarik bagi anak. Oleh sebab itu peneliti melakukan tindakan sekaligus memberikan kegiatan pembelajaran yang berbeda kepada anak yaitu cara mewarnai dengan media pewarna makanan, kuas, dan cutton bud. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan motorik halus. Subjek penelitian ini adalah anak-anak kelompok B di TK Pancasila Jimbung Kecamaan Kedunguban Kabupaten Blora Jawa Tengah. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Dalam proses penelitian ini menggunakan empat tahap antara lain: perencanaan tindakan, proses tindakan, pengamatan dari hasil, dan merefleksikan hasil. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan mewarnai di TK Pancasila Jimbung pada siklus 1 hasil yang dicapai 53% dan mengalami peningkatan pada siklus 2 yaitu menjadi 87% kegiatan mewarnai gambar merupakan salah satu upaya meningkatkan kemampuan motorik halus melalui kegiatan mewarnai gambar pada anak kelompok B di TK Pancasila Jimbung.

References

Afandi, S. M. (2019). Buku Ajar Pendidikan dan Perkembangan Motorik. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.

Badrikah, S., & Muslimin, M. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Haluk Melalui Metode Mewarnai Gambar pada Kelompok A RA Muslimat Hidayatush Shibyan. Alzam: Journal of Islamic Early Childhood Education, 1(01), 43-47.

Darmawati, D. (2020). Peningkatkan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Mewarnai di TK Islam Baiturrahman. JURNAL SIPATOKKONG BPSDM SULSEL, 1(4), 359-366.

Desmariani, M. E. (2020). Buku Ajar Metode Perkembangan Fisik Anak Usia Dini. Padang: Pustaka Galeri Mandiri.

Dr. Khadijah, M., & Amelia, M. N. (2020). Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini.

Jakarta: Prenadamedia Group.

Fatmawati, F. A. (2020). Pengembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini. Gresik: Caremedia Communication.

Kurnia, I. (2020). Pengaruh Kegiatan Mewarnai Gambar terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Kelompok B di Pendidikan Anak Usia Dini Bukit Selanjut Kecamatan Kelayang Kabupaten Indragiri Hulu. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 2(1), 67-79.

Siti, M., Anggraini, F. S., & FN, A. A. (2020). Perkembangan Motorik AUD. Nganjuk: Guepedia.

Sundari, S., & Ardhian, T. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus melalui Kegiatan Mewarnai dengan Berbagai Media. Jurnal Ilmiah Profesi Guru, 82-90.

Published
2023-03-29