Peningkatkan Hasil dan Aktifitas Belajar Menggunakan Video Pembelajaran Pada Siswa Sekolah Dasar Kelas VI A
Improving Learning Results and Activities Using Learning Videos for Class VI A Elementary School Students
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar dan aktifitas belajar siswa dengan menggunakan media video pembelajaran. Metode yang digunakan yaitu metode peneleitian tindakan kelas (PTK). Adapun subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIA SD Negeri 03 Bengkulu Selatan. Instrumen yang digunakan yaitu soal tes, lembar observasi dan FGD bersama teman sejawat. Teknik analisis data yaitu menghitung rata-rata skor peserta didik dengan rumus lalu mengklasifikasikan hasil belajar dan aktifitas belajar siswa pada kategori tertentu. Peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas VI tersebut ditunjukan rata-rata nilai prasiklus sebesar 59,25 siklus I sebesar 66,67, siklus II yaitu sebesar 70,37 dan siklus III yaitu sebesar 90,19. Pada siklus ke III sebanyak 22 siswa dinyatakan berhasil meningkatkan hasil belajarnya dengan persentase ketuntasan yaitu 100%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar dan aktifitas belajar siswa kelas VI A pada mata pelajaran IPA pada pokok bahasan sistem tata surya meningkat menggunakan media video pembelajaran.
References
Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Rajagrafinndo Persada.
Aliyyah, R. R., Amini, A., Subasman, I., Herawati, E. S. B., & Febiantina, S. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Melalui Penggunaan Media Video Pembelajaran. Jurnal Sosial Humaniora, 12(1), 54-72.
Arif, M. F., Praherdhiono, H., & Adi, E. P. (2019). Pengembangan Video Pembelajaran IPA Materi Gaya Untuk Siswa Sekolah Dasar. JKTP Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(4).
Fadhli, M. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1).
Sari, E. P. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui Penerapan Media Augmented Reality (AR) Materi Sistem Tata Surya dalam Pembelajaran IPA Kelas VI MI AL-Mursyidiyyah (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA).
Siregar, J. (2015). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Penggunaan Video Pembelajaran Bagi Siswa Kelas IV Di SDN I87/IV Kota Jambi. JDP, 8(2).
Wuryanto. (2016). Meningkatkan Prestasi Belajar IPA dengan Media Vldeo dan Metode STAD Semester 1 Kelas IV SDN Babadan. Jurnal Refleksi Edukatika, 6(2).
Copyright (c) 2023 Zumi Haryati, Hertika Janiar Litri, Nur Atikah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.