Penerapan Model Pembelajaran Inquiry untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV MIN 3 Bengkulu Selatan pada Mata Pelajaran IPS

  • Kanti Aldino Hadi Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Quraniyah Manna
  • Gogo Nata Perdiansya MIN 3 Bengkulu Selatan
  • Indani Pansella Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Quraniyah
Keywords: Model pembelajran inquiry meningkatkan hasil belajar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajran inquiry untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV MIN 3 Bengkulu Selatan pada mata pelajaran IPS. Pada penelitian ini peneliti menggunakan II Siklus untuk mengetahui hasil belajar siswa siklus pertama peneliti memperoleh hasil dari 25 siswa, nilai perolehan nilai siswa dibawah 50-60 adalah 14, nilai 61-77 adalah 3 orang, siswa dan prolehan nilai 78-85 adalah 8 siswa dengan rata-rata 56,6%. Dan pada penelitian pada siklus kedua peneliti memperoleh hasil nilai siswa dari 25 siswa yang memperoleh nilai di atas KKm yaitu 23 siswa dan 2 orang siswa belum mencapai nilai KKM hasil dari prolehan nilai dari siklus satu ini yaitu diproleh nilai rata-rata 81% dengan presentase ketuntasan yaitu 92% dari hasil nilai yang didapat peneliti merasa sudah mengalami peningkatan yang sangat baik untuk penerapan model inquiry untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV MIN 3 Bengkulu Selatan pada mata pelajaran IPS. 

 

Kata kunci: Model pembelajran inquiry meningkatkan hasil belajar

References

Arikunto, 2016.Prosedur Penelitian (Jakarta: Kencana) . h.116

Azhar, S, 2003. Proses Belajar Mengajar. Usaha Nasional: Surabaya

http://kbbi.web.id/didik. diakses 27 Juni 2022

IG .A .K .Wardani dan Kuswaya Wihardit, 2001. Penelitian Tindakan Kelas (Tanggerang selatan: Penerbit Universitas Terbuka) h. 4

Julianto, A., Siregar, N.S, & Suryani, A.I. (2022). Problematika Pembelajaran Daring pada Mahasiswa STIT Al-Quraniyah di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan 2(2): 173-179. Retrived from https://www.ejournal.stit-alquraniyah.ac.id/index.php/jpia/article/view/67

Kurniasi. I dan Berlin Sani, 2020. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran (Kata pena. Penerbit @gmail.com) . h. 113

Lie, A, 2007. Cooperative Learning. Grasindo : Jakarta.

Undang-undang No. 20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS) (Bandung: Citra Umbara), h. 4

Sagala, S, 2006. Konsep dan Makna Pembelajaran. (Bandung :Alfabeta). h.36

Published
2023-03-31