Application of Building Space Network Media to Improve Grade 6 Mathematics Learning Outcomes at SD Negeri 4 Manna

Penerepan Media Jaring-Jaring Bangun Ruang untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas 6 di SD Negeri 4 Manna

  • Sadela Nurhayani SDN 4 Bengkulu Selatan
Keywords: Media, Bangun Datar, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat dan kesan peserta didik terhadap matematika
sehingga hasil belajarnya rendah. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 4 Kota Manna, yang terdiri
26 siswa dari 16 siswa perempuan dan 10 siswa laki-laki. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui penggunaan media bangun datar pada materi menghitung luas bangun datar dan cara
menggunakannya dalam pemecahan masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SDN
4 Kota Manna. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Proses pengumpulan
data dilakukan dengan melakukan observasi, catatan lapangan dan tes. Pelaksanaan penelitian ini
dilaksanakan dalam 2 siklus. Hasil yang diperoleh dari pelaksanaan tindakan pada siklus I nilai
rata-rata 62,75 meningkat menjadi 74, 50 pada siklus II. Berdasarkan tindakan yang dilakukan
pada setiap siklus dapat disimpulkan bahwa penggunaan media bangun datar dapat mengaktifkan
dan meningkatkan hasil belajar matematika.

References

Aen, R., & Kuswendi, U. (2020). Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA Siswa SD Menggunakan
Media Visual Berupa Media Gambar Dalam Pembelajaran IPA. COLLASE (Creative of
Learning Students Elementary Education), 3(3), 99–103.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian. Rineka Cipta.
Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran. Rajagrafindo Persada.
Haryanti, F. (n.d.). Peningkatkan kompetensi materi bangun ruang melalui metode diskusi berbantuan
media tiga dimensi terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V sekolah Dasar.
Ibda, F. (2015). Perkembangan kognitif: teori jean piaget. Intelektualita, 3(1).
Muhsetyo, G. (n.d.). dkk. 2008. Pembelajaran Matematika SD, 1.
Rahayu, S., & Hidayati, W. N. (2018). Meningkatkan hasil belajar matematika melalui penggunaan
media bangun ruang dan bangun datar pada siswa kelas V SDN Jomin Barat I Kecamatan
Kotabaru Kabupaten Karawang. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 4(2), 204–215.
Rahman, Y. A. (2019). JURNAL: Pendidikan Islam. Pendidikan Islam, 3(2), 1–13.
https://jurnal.stitalishlahbondowoso.ac.id/index.php/tsaqofah/article/view/86/77
Sudjana, N., & Rivai, A. (2013). Media Pengajaran. Sinar Baru Algensindo.
Sukiman, H. M. (2021). Volume : 7 Bulan : November Tahun : 2021 Volume : 7 Nomor : 4 Bulan :
November Tahun : 2021. Dewi 2020, 51–58. https://doi.org/10.32884/ideas.v7i4.501
Tiara Nurhayati, Muhammad Dhori, & Khairul Nisa. (2021). Pengembangan Media Komik Berbasis
Karakter Peduli Sosial Subtema Keadaan Cuaca bagi Peserta Didik Kelas II SD.
HEUTAGOGIA: Journal of Islamic Education, 1(2), 95–105.
https://doi.org/10.14421/hjie.2021.12-08
Wahyuningtyas, R., & Sulasmono, B. S. (2020). Pentingnya media dalam pembelajaran guna
meningkatkan hasil belajar di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 23–27.
Published
2024-04-25