Penerepan Media Jaring-Jaring Bangun Ruang untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas 6 di SD Negeri 4 Manna
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat dan kesan peserta didik terhadap matematika sehingga hasil belajarnya rendah. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 4 Kota Manna, yang terdiri 26 siswa dari 16 siswa perempuan dan 10 siswa laki-laki. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media bangun datar pada materi menghitung luas bangun datar dan cara menggunakannya dalam pemecahan masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SDN 4 Kota Manna. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Proses pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi, catatan lapangan dan tes. Pelaksanaan penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Hasil yang diperoleh dari pelaksanaan tindakan pada siklus I nilai rata-rata 62,75 meningkat menjadi 74, 50 pada siklus II. Berdasarkan tindakan yang dilakukan pada setiap siklus dapat disimpulkan bahwa penggunaan media bangun datar dapat mengaktifkan dan meningkatkan hasil belajar matematika
References
Aen, R., & Kuswendi, U. (2020). Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA Siswa SD Menggunakan Media Visual Berupa Media Gambar Dalam Pembelajaran IPA. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 3(3), 99–103.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian. Rineka Cipta.
Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran. Rajagrafindo Persada.
Haryanti, F. (n.d.). Peningkatkan kompetensi materi bangun ruang melalui metode diskusi berbantuan media tiga dimensi terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V sekolah Dasar.
Ibda, F. (2015). Perkembangan kognitif: teori jean piaget. Intelektualita, 3(1). Muhsetyo, G. (n.d.). dkk. 2008. Pembelajaran Matematika SD, 1.
Rahayu, S., & Hidayati, W. N. (2018). Meningkatkan hasil belajar matematika melalui penggunaan media bangun ruang dan bangun datar pada siswa kelas V SDN Jomin Barat I Kecamatan Kotabaru Kabupaten Karawang. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 4(2), 204–215.
Rahman, Y. A. (2019). JURNAL: Pendidikan Islam. Pendidikan Islam, 3(2), 1–13. https://jurnal.stitalishlahbondowoso.ac.id/index.php/tsaqofah/article/view/86/77
Sudjana, N., & Rivai, A. (2013). Media Pengajaran. Sinar Baru Algensindo.
Sukiman, H. M. (2021). Volume : 7 Bulan : November Tahun : 2021 Volume : 7 Nomor : 4 Bulan :
November Tahun : 2021. Dewi 2020, 51–58. https://doi.org/10.32884/ideas.v7i4.501
Tiara Nurhayati, Muhammad Dhori, & Khairul Nisa. (2021). Pengembangan Media Komik Berbasis Karakter Peduli Sosial Subtema Keadaan Cuaca bagi Peserta Didik Kelas II SD. HEUTAGOGIA: Journal of Islamic Education, 1(2), 95–105. https://doi.org/10.14421/hjie.2021.12-08
Wahyuningtyas, R., & Sulasmono, B. S. (2020). Pentingnya media dalam pembelajaran guna meningkatkan hasil belajar di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 23–27.
Copyright (c) 2024 Tiara Nurhayati, Monica Descika Listari, Sadela Nurhayani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.