Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca dengan Media Kartu Huruf pada Siswa Kelas II SDN 84 Bengkulu Selatan
Nelda Sari Siregar, Nena Afreni, Yeti Meliana
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini rendahnya kemampuan membaca siswa kelas II SD Negeri 84
Bengkulu Selatan. Tujuan penelitian untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas II di SD
Negeri 84 Bengkulu Selatan dengan media kartu huruf. Metode yang digunakan adalah penelitian
tindakan kelas melalui dua siklus dengan jumlah siswa 18 orang. Setiap siklus terdapat tahap
perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian pada siklus I memperoeh nilai
rata-rata 68 dengan ketuntasan klasikal 60%. Sedangkan dan hasil belajar pada siklus II
menunjukkan nilai rata-rata 85 dengan persentase klasikal mencapai 80 % serta telah memenuhi
batas pencapaian indikator keberhasilandan hasil. Kesimpulan bahwasanya media kartu huruf dapat
meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas II SD Negeri 84 Bengkulu Selatan.
References
Chaer, Abdul & Leonie Agustin. 2004. Sosiolinguistik. Jakarta: Rineka Cipta.
Creswel, Jhon W. 2015. Research Design Qualitative, Quantitative and Mixed Methods. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Djamarah. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
H.P, Achmad dan Alek Abdullah. 2013. Linguistik Umum. Jakarta: Erlangga.
Santoso, Puji, dkk. 2010. Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Universitas Terbuka.
Suparji, M., & Julianto, A. 2023. Sistem Pengelolaan Pendidikan Pesantren Modern (Studi Kasus Pondok Pesantren Annur Darunnajah 8 Bogor). Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan Vol. 3(2). hal 1-8. Retrieved from https://www.ejournal.stit-alquraniyah.ac.id/index.php/jpia/article/view/104/90
Copyright (c) 2023 Nelda Sari Siregar, Yeti Meliana, Nena Afreni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.