Analisis Peran Pengurus Pondok Pesantren Dalam Pembiasaan Sholat Berjama’ah di Pondok Pesantren Darusy Syafa’ah Lampung Tengah
Abstract
Pondok Pesantren merupakan salah satu kelembagaan pesantren yang ada di Indonesia dengan beragam corak pengembangannya dikenal di masyarakat yang menjadi ujung tombak pendidikan dan pembinaan ajaran Agama Islam dimanapun dan kapanpun. Tujuan dalam penelitian ini Untuk mengetahui bagaimana Peran Pengurus Pondok Pesantren Darusy Syafa’ah dalam pembinaan sholat lima waktu berjama’ah kepada santri putra serta Faktor-faktor pendukung dalam melakukan pembinaan sholat berjama’ah kepada santri putra. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif studi kasus, karena dilihat dalam beberapa sudut pandang permasalahan dalam penelitian ini lebih tepat dan akurat menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan Peran pengurus pondok pesantren memiliki peran aktif, pasif, serta partisipatif. Sedangkan peran aktifnya antara lain; 1) Melaksanakan oprak-oprak atau mengajak santri untuk melaksanakan sholat berjama’ah dengan mengelilingi setiap asrama. 2) Memberikan sanksi bagi santri yang meninggalkan sholat berjama’ah. 3) Memberikan pembinaan sholat berjama’ah berupa pembelajaran kitab fiqih dimadrasah diniyah. Kemudian peran pasif dari pengurus pondok pesantren terletak pada absen sidik jari sholat berjama’ah yang terletak dimasjid. Kegiatan absen ini pengurus pondok pesantren cenderung lebih menunggu rekapan absen selama 2 hari, sebab absen sidik jari ini akan merekap dengan otomatis dan pengurus pondok pesantren hanya tinggal ngeprint hasil dari rekapan absen tersebut. Sedangkan Peran partisipatif dari pondok pesantren terletak pada bentuk pengurus pondok pesantren bagian keamanan untuk menahan diri agar memberikan kesempatan bagi pengurus yang lain untuk memerankan peran dari pengurus bagian keamanan seperti contoh memberikan sanksi atau hukuman bagi santri yang tidak melaksanakan sholat berjama’ah.
References
Abdurahman, Dudung.2006. Pesantren, Tarekat, dan Kedamaian. Junal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan No. 3.
Abdul Azis Muhammad Azzam & Abdul Wahhab sayyed hawwas.2015. Fiqih Ibadah. Jakarta: Amzah.
Ahmad Robbani, A., Vuna Rohmatika, R. & Kholis Amrullah, M. 2022. Konstruksi Ilmu Pengetahuan Dalam Pendidikan Islam (Studi Pustaka Konsep Pendidikan Pada Kitab Kuning). Ilmuna: Jurnal Studi Pendidikan Agama Islam, 4(2), 212-224.
Aimah, Siti dan Ana Lely.2017. Tipe Kepemimpinan Ny. Hj. Dra. Mahmudah Hisyam dalam Memimpin Asrama Roudhotul Qur’an Pesantren Darussalam Putri Blok Agung. Jurnal Pendidikan, Komunikasi, dan Pemikiran Hukum Islam No. 2.
Nakha’i, Imam.2006. Relasi Teks Keilmuan Pesantren Dan Budaya Damai. Jurnal Penelitian Pendidikan Agamma dan Keagamaan No.3.
Sugiyono. 2015. Cara Mudah Menyusun Skripsi, Tesis, Dan Disertasi. Bandung: Alfabeta.
Copyright (c) 2023 Afifuddin Ahmad Robbani, Latri Ida Aini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.