Manajemen Pendidikan TK Al-Amin Keban Agung Kedurang Bengkulu Selatan

  • Alfin Julianto STIT Al-Quraniyah Manna Bengkulu
  • Yulita Handayani STIT Al-Quraniyah Manna Bengkulu Selatan
  • Nelda Sari Siregar STIT Al-Quraniyah Manna Bengkulu Selatan
  • Anti Isnaningsih Universitas Ma’arif Nahdlatul Ulama Kebumen
Keywords: Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini

Abstract

Dewasa ini pendidikan anak usia dini sudah menjadi wadah yang dibutuhkan dan berkontribusi
besar dalam mempersiapkan anak memasuki jenjang pendidikan dasar. Meskipun secara konsepnya
pendidikan anak usia dini termasuk pendidikan nonformal, namun pendidikan ini dalam undangundang terdapat pendidikan formal, nonformal dan informal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
implementasi manajemen pendidikan yang dilakukan TK Al-Amin Keban Agung. Penelitian ini
menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan yang bersifat kualitatif. Subjek dalam penelitian
yaitu: Kepala sekolah, guru PAUD, dan wali siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen
pendidkan anak usia dini: Pertama, tahap perencanaan program di lembaga TK Al-Amin Keban Agung,
secara umum telah disusun dengan baik, terlihat dari adanya perencanaan program kegiatan
pendidikan anak usia dini dengan menyusun rencana kegiatan sesuai ketentuan yang ditetapkan dengan
melibatkan komite sekolah. Kedua, tahap pengorganisasian di TK Al-Amin Keban Agung, secara umum
telah mencerminkan suatu relevansi antara kemampuan dan keterampilan personil dengan kebutuhan
pendidikan anak usia dini terlihat dari tersedianya 5 orang pendidik dan 2 orang tenaga kependidikan
yang memadai. Ketiga, tahap pelaksanaan pendidikan di TK Al-Amin Keban Agung diarahkan pada
proses pembelajaran berjalan dengan cukup baik, efektif dan menyenangkan, hal ini terlihat dari
kreatifitas pendidik dalam melaksanakan belajar sambil bermain, serta kegiatan parenting yang
melibatkan komite sekolah. Keempat, tahap pengawasan yang dilakukan dengan dua sistem
pengawasan terdiri dari pengawasan dari atasan langsung yaitu Kepala Sekolah TK Al-Amin Keban
Agung dan pengawasan fungsional yaitu penilik Pendidikan anak usia dini.

References

Creswell, J.W. (2015). Riset Pendidikan. Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi Riset Kualitatif & Kuantitatif.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.

Dadan, S. & Rizka N. 2019. Manajenen Pendidikan Anak Usia Dini berbasis Akreditasi Lembaga. Jakarata:

Prenadamedia Grup. Retrieved from

http://repository.unp.ac.id/21032/1/MANAJEMEN%20PAUD%20ok%20edit.pdf

Depdiknas, 2006. Menuju Pendidikan yang Bermutu dan Merata. Jakarta: Balai Pustaka.

Julianto, Alfin. 2019. Kolaborasi Pendidikan Nonformal, Informal, dan Formal dalam Pendidikan Pemuda di

Daerah Istimewa Yogyakarta. DIKLUS: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah 1(3): 14-22. Retrieved from

https://journal.uny.ac.id/index.php/jurnaldiklus/article/view/24644/13186.

Moleong, L. J. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Oktari, R. 2021. Penerapan Metode Proyek untuk Meningkatkan Kecerdasan Naturalis Anak Pada Kelompok B

di PAUD Budi Mulya Bengkulu Selatan. Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan. 2(1): 69-77. Retrieved from

https://www.ejournal.stit-alquraniyah.ac.id/index.php/jpia/article/view/45

Patmonodewo, S., 2006. Pendidikan Anak Prasekolah. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Pidarta, M., 2011. Landasan Kependidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Purwanto, N., 2008. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Siregar, N.S., & Julianto, A. 2022. Dampak Perubahan Kurikulum terhadap Buku Paket Bahaasa Indonesia

sebagai Kebijakan Pemerintah. Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan. 3(1): 1-11. Retrieved from

https://ejournal.stit-alquraniyah.ac.id/index.php/jpia/article/view/89

Published
2023-03-23