Nilai Pendidikan Islam Ritual Budaya Tolak Bala Pada Masyarakat Mendawai di Kota Palangka Raya
Abstract
Masyarakat Mendawai di Kota Palangka Raya melakukan ritual budaya tolak bala setiap tahunnya, dimaksudkan sebagai ritual agar terhindar dari bala seperti kebakaran. Dilakukan dengan cara berkeliling kampung sambil membaca syair burdah dan membawa kitab Sahih Bukhari dan kitab Sahih Muslim yang dianggap memiliki keistimewaan. Menarik diteliti untuk mengetahui bagaimana nilai-nilai pendidikan Islam dalam ritual budaya tolak bala pada masyarakat Mendawai di Kota Palangka Raya. Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang utama adalah observasi partisipatif, wawancara tidak terstruktur dan mendalam, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif bersifat deskriptif, yaitu analisis berdasarkan pengumpulan data, pengurangan data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan vertifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan ritual budaya tolak bala dimulai dari shalat Maghrib dan Isya berjamaah, pembacaan surah yasin, pembacaan shalawat nariyah, dan pembacaan syair burdah keliling. Nilai-nilai pendidikan Islam dalam pelaksanaan ritual budaya tolak bala yaitu nilai aqidah, nilai ibadah, nilai akhlak dan nilai sosial.
Kata kunci: Nilai Pendidikan Islam, Ritual Budaya, Tolak Bala
References
Abu, Nur Uhbiyati, Ahmadi, Ilmu Pendidikan, Jakarta: Reneka Cipta, 2001, Cet.II.
Agus, Bustanuddin, Agama Dalam Kehidupan Manusia, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2007.
Ahmadi & Salimi, Abu, Dasar-dasar Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 1994.
Ahnan & Lailatul sa’adah, Maftuh, Dahsyatnya Sebuah Doa, Surabaya: Delta Prima Press, 2011
Al-Banna, Hasan, Aqidah Islam, terj. H. Hassan Baidlowi, Bandung: al-Ma’arif, 1983.
AL Habib Muhammad bin Alawi Alaydrus, Menyingkap Rahasia dan Khasiat Qosidah Burdah, Kalam Salaf, 2019.
Habibillah, Muhammad, Shalawat Pangkal Bahagia, Yogyakarta: Safirah, 2014.
Hamdanah, Ilmu Pendidikan Islam, Banjarmasin: Pustaka Banua, 2017.
Hamzah, Qusairi, Risalah Amaliyah, Martapura: Inayah, 2005.
Jamaluddin, Syakir, Shalat Sesuai Tuntunan Nabi SAW, Yogyakarta: Lppi Umy, 2015.
J. Moleong, Lexy, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja, 2007
Khamid, A., Prasmanita, D., Zamroni, A., & Nasitoh, O. E. (2020). Implementasi Pembelajaran Tajwid dan Ketrampilan Membaca Al-Qur’an dalam Materi Al-Qur’an Hadist. Attractive: Innovative Education Journal, 2(2), 45-53.
Khadziq, Islam dan Budaya Lokal, Yogyakarta: Teras, 2000.
Masyitoh, D., Mustika, R. D., Alfaza, A. S., Hidayatullah, A. F., & Umar Al Faruq, A. H. (2020). Amin Abdullah dan Paradigma Integrasi Interkoneksi. Attractive: Innovative Education Journal, 2(1), 108-116.
Palufi, A. N., & Syahid, A. (2020). Metode Yanbu’a Sebagai Pedoman Membaca Al-Qur’an. Attractive: Innovative Education Journal, 2(1), 32-40.
Sabiq, Sayyid, Aqidah Islam: Ilmu Tauhid, Bandung: Diponegoro, 1996.
Shihab, Quraish Wawasan Al-Qur’an tentang Zikir & Doa, Jakarta: Lentera Hati, 2006.
Shofwan Shalehuddin, Wawan, Ada Apa dengan Do’a Kita, Bandung: Tafakur, 2005.
Wulandari, I., Subandi, S., Jannah, R., & Mispani, M. (2020). Implementasi Nilai–Nilai Religius Bagi Peserta Didik (Studi Pada MI Terpadu Darul Ulum dan SD Negeri 5 Lempuyang Bandar). Attractive: Innovative Education Journal, 2(1), 153-163.
Copyright (c) 2020 Muslimah Muslimah, Ahmad Sairaji
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.