Peranan Balai Pengembangan Anak dan Remaja dalam Memberikan Bimbingan Karir Kepada Remaja Binaan

  • Arip Widodo Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Quraniyah
  • Ridha Fadila Putri Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Quraniyah
  • Gusti Emilia Suzanti Mahasiswa PIAUD STIT Al-Quraniyah
Keywords: Peran BPAR, Bimbingan Karir, Remaja Binaan

Abstract

Sulitnya remaja dalam mencari pekerjaan hal ini dikarenakan minimnya pengetahuan dan keahlian yang dimiliki oleh remaja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan Balai Pengembangan Anak dan Remaja dalam memberikan bimbingan karir kepada remaja binaan kota Bengkulu. Metode penelitan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman. Penentuan informan penelitian menggunakan teknik purposive sampling. informan dalam penelitian adalah remaja binaan dan pembimbing karir yang bekerja di Balai Pengembangan Anak dan Remaja Kota Bengkulu yaitu berjumlah 9 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pentingnya mempunyai keahlian dalam karir pekerjaan, memeberikan materi-materi keterampilan tentang perbengkelan, salon dan menjahit faktor pendukungnya yaitu tersedianya fasilitas dan tenaga pembimbing yang professional serta kemauan atau semangat remaja binaan dalam mengikuti kegiatan bimbingan karir pekerjaan. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu: kurangnya dari segi
pendanaan dan masih adanya remaja yang kurang semangat dalam mengikuti bimbingan karir.

References

Ali, Mohammad. 2006. Psikologi Remaja. Jakarta: PT Bumi Aksara
Agustiani, Hendrianti. 2006. Psikologi Perkembangan. Bandung: PT Rafika Aditama
Bungin, Burhan. 2010. Metode Penelitian Kualitatif (Aktualisasi Metodologis Kearah Ragam Varian Kontempore. Jakarta: Rajawali Pers
Iskandar. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial (Kuantitatif dan Kualitatif). Jakarta:GP Press
Suwandi, Basrowi. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta
Nazir. 2005. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia
Sarwono, Sarlito Wirawan. 2012. Psikologi Remaja. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada
Sudarwan, Danim. 2002. Menjadi Peneliti Kualitatif (Ancangan Metodologi, Presentasi, dan Publikasi Hasil Penelitian Untuk Mahasiswa dan Peneliti Pemula Bidang Ilmu-Ilmu Sosial dan Humaniora) cetakan ke- 1. Bandung: Pustaka Setia
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, danR&D. Bandung: Gramedia
Winkel dan Sri Hastuti. 2006. Bimbingan dan Konseling di Institut Pendidikan.Yogyakarta: Media Abadi
Published
2022-09-10