The PERAN ORANG TUA MEMBIMBING ANAK DALAM BELAJAR LUAR JARINGAN (LURING ) SELAMA PANDEMI COVID 19 DI KELAS 3 SD NEGERI 75 BENGKULU SELATAN
Abstract
Latar belakang dalam penelitian ini adalah orangtua kesulitan dalam memujuknya untuk belajar. Ada anak
yang malas dan acuh untuk belajar.ada juga orangtua yang waktunya memimbing anaknya untuk belajar hanya
bisa malam hari disebabkan orangtuanya sibuk mencari kebutuhan sehari-hari, namun waktu terbatas.
Rumusan masalah bagaimana implementasi peran orangtua membimbing anak dalam belajar luar jaringan
(luring) selama pandemic covid 19 kelas 3 sd negeri 75 bengkulu selatan? dan bagaimana dampak proses
pembelajaran luar jaringan (luring)?. Tujuan penelitian yaitu Mengetahui peran orang tua terhadap anak dalam
pembelajaran luring dan mengetahui dampak proses pembelajaran luar jaringan. Metode penelitian terkait
peran orangtua membimbing anak dalam belajar luring berjenis penelitian kualitatif. Sumber data primernya
adalah orangtua sebanyak 30 orang, anak kelas 3 sebanyak 30 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara
melaksanakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian data dianalisis dengan metode field riserch
yaitu menyajikan deskripsi, secara sistematis, factual, dan akurat mengenai fakta-fakta. Hasil penelitian ini
yaitu Implementasi peran orangtua membimbing anak dalam belajar lu ar jaringan (luring) selama pandemi
covid 19 kelas 3 sd negeri 75 bengkulu selatan yaitu menjadi contoh yang baik untuk anak, mengajak anak
belajar dengan cara menyenangkan, membimbing anak, menyediakan fasilitas-fasilitas yang menunjang,
mengingatkan anak belajar agar anak tidak lalai dengan tugasnya sebagai pelajar. Dampak dalam proses
pembelajara luar jaringan (luring) yaitu akibat kurangnya ekonomi sehingga mereka sibuk mencari nafkah, dan
mengakibatkan waktu mereka terbatas untuk memperhatikan anak, membimbing anak, mendampingi anak,
masih kurangnya pengtahuan orangtua tetang materi yang dipelajari anak.
Kata kunci: peran orangtua, belajar mengajar, luring
References
Aisyatinnaba,Nur. 2015. Peran Orang Tua Dalam Memotivasi Belajar Siswa (Studi Kasus Pada Siswa Kelas Viii Smp Negeri 03 Kecamatan Losari, Kabupaten Brebes)Skripsi. Semarang :Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang.
Fitrah. 2017. Belajar dan pembelajaran jurnal IAIN Padang sidimpuan vol.03 no.2.
Hasan dan beni. 2010. Ilmuan pendidikkan islam (jilid II), bandung: pustaka setia.
Maemuna watisiti dan Ali Muhammad. 2020. Peranan Guru, Orang Tua, Metodedan Media Pembelajaran: Strategi KBM di Masa Pandemi Covid-19. Serang : 3M Media KaryaSerang.
Marisa. 2022. Peran Orang Tua Membimbing Anak Dalam Pelaksanaan Pembelajaraan Di Rumah Selama Masa Pandemi Covid-19 Di Kampung Bahari Skripsi. Bengkulu: Fakultas Tarbiyah dan Tadris Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno
Singgih D. Gunarsa & Yulia Singgih D. Gunarsa. 2008. Pisikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta: PT BPK Gunung Muliah
Hamid Abdul. 2020. Maknai Kehidupan. Tanggerang :Makmood Publishing.
Copyright (c) 2023 Emy Herawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.