Upaya Peningkatkan Kemampuan Mengarang Siswa dengan Menerapkan Media Pembelajaran Picture And Picture
Abstract
Kemampuan mengarang setiap tulisan yang diorganisasikan mengandung isi dan ditulis untuk suatu tujuan mengungkapkan gagasan melalui bahasa tulis yang dapat dibaca dan dimengerti oleh orang lain yang membacanya. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan Mengarang Siswa Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Picture And Picture. Metode yang digunakan yaitu PTK. Metode penelitian yang digunakan yaitu Penelitian tindakan kelas (classroom action research). Jumlah siswa yang menjadi subjek penelitian adalah 30 siswa yang terdiri dari 13 putri dan 17 putra. Penelitian ini dilaksanakan di MIN 3 Bengkulu Selatan yang beralamatkan di Jalan Padang Beriang Pino Raya Bengkulu Selatan. Hasil penelitian yaitu penggunaan media gambar picture and picture dalam menulis karangan dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan siswa kelas III di MIN 3 Bengkulu Selatan tahun pelajaran 2022/2023. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari pencapaian ketuntasan belajar dari pra siklus 20,00%, siklus I 59,99%, sedangkan pada siklus II naik 80,00%. Hasil belajar menagarang siswa meningkat melalui aktivitas-aktivitas penyampaian materi jelas, Penggunaan model pembelajaran picture and picture yang sesuai dan menarik perhatian siswa, dan peningkatan motivasi belajar siswa meningkat.
References
Akhadiah, dkk.(1993). Bahasa Indonesia 1. Jakarta: Departemen Pendidikan dan.Kebudayaan.
Ginanjar, Lestari (2015) Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengarang Siswa Melalui Media Gambar Seri Di Kelas III SD Negeri Suren Tahun 2013/2014. E-Prints@Uny Lumbung Pustaka Universitas Negeri Yogyakarta. 1(2). 14-23.
Jumri, R, Aprice, F, & Zulfarman. (2022). Upaya meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran PAI Pada Materi Syuabul Iman Dengan Menggunakan Strategi Bimbingan Membaca Di Kelas X SMAN 03 Bengkulu Selatan.Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan, 2(2). 139-144.
Mansyur. (1996). Strategi Belajar Mengajar, Program Penyrtaraan D-II Guru Agama SLTP/MTs, Depag. Jakarta : Dirjen Pembinaan Kelembagaan Agama Islam dan Universitas Terbuka.
Mufidah, L. L. N. (2017). Memahami gaya belajar untuk meningkatkan potensi anak. Martabat: Jurnal Perempuan dan Anak, 1(2), 245-260.
Ratri, Widati. (2019). Metode Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Deskriptif. Skripsi. IAIN Bengkulu, Pendidikan Guru madrasah Ibtidaiyah.
Suparno & Mohamad Yunus. (2006). Metodologi Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jakarta:PT. Rosda Jaya Putra.
Wulandari Budi Asrinimhtyas. (2014). Metode dalam meningkatkan keterampilan berbicara. Subersari Jember, Skripsi. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah,
Copyright (c) 2023 Nur Atikah, Uci Purnama Sari, Ranti Angela
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.