Sistem Pengelolaan Pendidikan Pesantren Modern (Studi Kasus Pondok Pesantren Annur Darunnajah 8 Bogor)

  • Muhamad Suparji UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Alfin Julianto STIT Al-Quraniyah Manna Bengkulu Selatan
Keywords: Pondok Pesantren Modern, keunggulan kurikulum TMI, Program TMI

Abstract

Pesantren modern memiliki program pendidikan yang disusun sendiri (mandiri) dimana program ini mengandung proses pendidikan formal, non formal maupun informal yang berlangsung sepanjang hari dalam satu pengkondisian di asrama. Sehingga dari sini dapat dipahami bahwa pondok pesantren secara institusi atau kelembagaan dikembangkan untuk mengefektifkan dampaknya, pondok pesantren bukan saja sebagai tempat belajar melainkan merupakan proses hidup itu sendiri, pembentukan watak dan pengembangan sumber daya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk memotret system pendididkan pesantren modern Studi kasus Pondok Pesantren Annur Darunnajah 8 Bogor. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus. Hasil Penelitian menunjukan bahwa system Pendidikan pesantren modern lebih nenekanan pada bahasa Arab modern dan Inggris. Pesantren modern bertujuan untuk mendidik siswa dengan cara yang tradisional dan kontemporer.  Dengan beberapa modifikasi, sistem pengajaran formal dari ragam klasik—mengajar di kelas—dan kurikulum terpadu diterapkan.  Selain itu, perbedaan antara ilmu agama dan ilmu umum dihilangkan.  Kedua bidang ilmu ini diajarkan secara setara, namun pendidikan agama mengambil porsi yang lebih besar.  Sistem pendidikan pondok modern dikenal dengan sistem Mu'allimin.  Berikut adalah beberapa keunggulan terbaik sistem TMI: 1) Integrasi tripusat pendidikan;  2) desain kurikulum akademik;  3) metode pembelajaran;  4) optimalisasi kemampuan berpikir;  dan 5) pendidikan karakter dan kepemimpinan. 6) Pendidikan Kewirausahaan.  Program TMI antara lain, Fathul kutub, Fathul Mu'jam, Amaliyah Tadris, dan Rihlah Iqtishodiyah, penulisan karya ilmiah dalam bahasa Arab dan Inggris.

Kata kunci: Pondok Pesantren Modern, keunggulan kurikulum TMI, Program TMI

References

Abror, D. (2022). Kurikulum Pesantren. Yogyakarta:CV Budi Utama.

Adhim, F. (2022). Arah baru Manajemen Pondok Pesantren. Malang: CV Literasi Nusantara Abadi.

Lukens, B., Ronald, A. (2004) Peacefull Jihad, diterjemahkan oleh Abdurrahman Mas’ud dkk dengan tajuk, Jihad Ala Pesantren di Mata Antropolog Amerika Jogjakarta: Gama Media,

Fatijah, I. (2018). Kepemimpinan Kh. Imam Zarkasyi Di Pondok Modern Darussalam Gontor. Jurnal Imroatu. Vol. 2(2). ISSN 2549-0877. Retrieved from https://syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/jiem/article/download/3407/1943

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Alfabeta.

Julianto, Alfin. 2019. Kolaborasi Pendidikan Nonformal, Informal, dan Formal dalam Pendidikan Pemuda di Daerah Istimewa Yogyakarta. DIKLUS: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah 1(3): 14-22. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/jurnaldiklus/article/view/24644/13186.

Hadiyanto, A.(2022), Sistem Pendidikan Pesantren Modern, Jakarta: PH. Darunnajah.

Kompri (2018). Manajemen Kepemimpinan Pondok Pesantren. Jakarta:tPrenamedia Group.

Morelent & Syofiani (2017). Pengaruh Penerapan Kurikulum 2013 Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar Negeri 05 Percobaan Pintu Kabun Bukittinggi. Jurnal Gramatika. 6(2): 141-152. Etrieved from https://media.neliti.com/media/publications/79634-ID-pengaruh-penerapan-kurikulum-2013-terhad.pdf

Rahman, A. (2021) Supervisi dan Pengawasan dalam Pendidikan. Jurnal Kajian Islam Kontemporer. Vol 12(2): 50-65. Retrieved from https://journal.unismuh.ac.id/index.php/pilar/article/download/7293/4432

Siregar, N.S., & Julianto, A. 2022. Dampak Perubahan Kurikulum terhadap Buku Paket Bahaasa Indonesia sebagai Kebijakan Pemerintah. Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan. 3(1): 1-11. Retrieved from https://ejournal.stit-alquraniyah.ac.id/index.php/jpia/article/view/89

Zarkasyi, A. S. (2005). Gontor & Pembaharuan Pendidikan Pesantren, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Published
2023-03-09