Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dengan Strategi Mind Mapping di Madrasah Aliyah Negeri 3 Boyolali
Abstract
Peningkatan kualitas pendidikan di sekolah dapat ditempuh oleh seorang guru atau pendidik melalui beberapa cara, salah satunya yaitu bagaimana seorang guru atau pendidik bisa menyampaikan materi pembelajaran yang mudah dipahami dan diterima oleh siswa atau peserta didik. Guru atau pendidik agar lebih mudah dalam menyampaikan materi pembelajaran dapat menggunakan strategi dalam pembelajaran, terutama pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam yang paling banyak mengulas mengenai sejarah. Salah satu strategi yang dapat digunakan dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam adalah strategi mind mapping. Strategi mind mapping adalah strategi dimana guru atau pendidik memberikan suatu materi secara umum kemudian siswa atau peserta didik membuat konsep sendiri materi tersebut hingga menjadi lebih rinci sesuai dengan pemikiran dan kreativitas siswa atau peserta didik dalam bentuk konsep atau mapping. Penelitian ini bertujuan mengetahui proses pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dengan menggunakan strategi mind mapping baik itu penerapan dan kendala dalam penerapannya, keaktifan siswa dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dengan menggunakan strategi mind mapping, pemahaman dan kreativitas siswa dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dengan menggunakan strategi mind mapping. Metode yang digunakan penulis adalah metode kualitatif dan teknik pengumpulan data melalui survei, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dengan Strategi Mind Mapping di Madrasah Aliyah Negeri 3 Boyolali tahun pelajaran 2019/2020 dilakukan dengan kerjasama yang baik dan hasil belajar yang diperoleh siswa lebih bisa dengan mudah dan cepat dalam menerima materi pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam serta menambah kreatifitas dan keaktifan siswa dalam belajar Sejarah Kebudayaan Islam.
Kata Kunci: Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, Strategi Mind Mapping
References
Edward, Caroline.2009. Mind Mapping untuk anak Sehat dan Cerdas. Yogyakarta: Wangun Printika.
Hanafi. 2012. Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Jakarta: Subdit Kelembagaan Direktorat Pendidikan Tinggi Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Kementrian Agama RI.
Hanafiah, Nanang & Cucu Suhana. 2010. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama.
Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Maryamah. 2014. Teknik Mind Mapping dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Ibtidaiyah Adabiyah II Palembang. Ta’dib, Vol. XIX, No.02.
Taniredja, Tukiran, dkk. 2012. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Bandung: Alfabeta.
Copyright (c) 2020 Diah Novita Fardani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.