Konsep Etika Pelajar (Studi Komparasi Kh. Hasyim Asy’ari dan Umar bin Ahmad Baraja)

  • Ahmad Alfi Ridlo Institut Agama Islam Negeri Salatiga, Indonesia
  • Nur Ali Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Hikmah 2 Benda Sirampog Brebes, Indonesia
  • Abdul Khamid Institut Agama Islam Negeri Salatiga, Indonesia
Keywords: KH. Hāsyim Asy ̒ari, Umar bin Aḥmad Baraja

Abstract

Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana relevansi pemikiran KH. Hāsyim Asy ̒ari dan relevansi pemikiran ‘Umar bin Aḥmad Bārajā’ tentang konsep etika pelajar dalam konteks kekinian dan untuk mengetahui bagaimana persamaan dan perbedaaan pemikiran KH. Hāsyim Asy ̒ari dan ‘Umar bin Aḥmad Bārajā’ tentang etika pelajar. Jenis penelitian ini adalah Library Research atau sering juga disebut studi pustaka, yaitu serangkaian kegiatan yang berkenaan dengan metode pengumpulan data pustaka, membaca dan mencatat serta mengolah bahan penelitian. Penelitian ini dilakukan dengan jalan mengumpulkan data-data yang didapat dari sumber kepustakaan berupa buku, jurnal ilmiah serta dokumen-dokumen lain, sehingga dari padanya diperoleh informasi yang jelas mengenai konsep etika pelajar perspektif KH. Hāsyim Asy ̒ari dan ‘Umar bin Aḥmad Bārajā’. Hasil penelitian menunjukkan bahwa etika pelajar menurut kedua tokoh tersebut dapat diklasifikasikan menjadi empat bagian yaitu: etika pelajar dalam belajar; etika pelajar terhadap guru; etika pelajar terhadap peralatan belajar; dan etika pelajar terhadap teman. Persamaan keduanya tentang etika pelajar yaitu: memberi salam kepada teman ketika dalam majlis ilmu; berperilaku penuh adab ketika dengan guru; hendaknya selalu mempelajari pelajarannya kembali; hendaknya berbicara dengan penuh adab kepada gurunya; hendaknya mendengarkan guru dengan seksama; hendaknya bersabar atas kekasaran atau hukuman dari guru; hendaknya membantu dengan memotivasi temannya untuk mendapatkan ilmu; membantu teman jika membutuhkan bantuan; tidak boleh sombong di hadapan teman; harus memuliakan teman dengan bicara dengan lemah lembut.

Kata Kunci: Etika, Pelajar,  KH. Hāsyim Asy ̒ari, ‘Umar bin Aḥmad Bārajā’

References

Amin, Ahmad. tt. Ilmu Akhlak. Jakarta: Bulan Bintang.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta. 2010

Assegaf, Muhammad Achmad. Sekelumit riwayat hidup Al-Ustadz ‘Umar bin Achmad Baradja. Surabaya: Panitia Haul Ke-V. 1995.

Asy ̒ari, M. Hāsyim. tt. Adāb al-‘Ālim wa al-Muta‘allim. Jombang: Maktabah Turats Al-Islami.

Asy ̒ari, M. Hāsyim. tt. Etika Pendidikan Islam: Petuah KH. M. Hāsyim Asy ̒ari untuk para Guru (Kiai) dan Murid (Santri), terjemah dari kitab Adāb al-‘Ālim wa al-Muta‘allim. Terjemahan oleh Mohamad Kholil. Yogyakarta: Titian Wacana. 2007.

Asy ̒ari, M. Hāsyim. tt. Pendidikan Akhlak untuk Pengajar dan Pelajar, terjemah dari kitab Adāb al-‘Ālim wa al-Muta‘allim. Terjemahan oleh Tim Dosen Ma’had Aly Hasyim Asy’ari. Tebuireng. Pustaka Tebuireng. 2018.

Asy ̒ari, M. Hāsyim. Cahaya Penerang Jiwa, terjemah dari kitab Risālah ahlissunnah wal jamā’ah fi ḥadīṡil mautā wa asyrāthis sā'ah wa bayāni mafhūmis sunnah wal bid'ah. Terjemahan oleh Ridwan. 2018. Tebuireng. Pustaka Tebuireng. 1418 H.

Baradja, Umar bin Ahmad. Al-Akhlāq li al-Banīn. Surabaya: Maktabah Ahmad Nabhan. 1372 H.

Baradja, Umar bin Ahmad. 1372 H. Bimbingan Akhlak bagi Putra-Putra Anda, terjemah dari kitab Al-Akhlāq Lil Banīn. Terjemahan Abu Musthafa Al-Halabi. Surabaya: YPI. Al Ustadz Umar Baradja. 1992.

Bertens, K. Etika. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama. 1997.

Budiyanto, Mangun. Ilmu Pendidika Islam. Yogyakarta: Ombak Dua. 2013.

Cahyono, H., Suhono, S., & Khumairo, A. (2018). Pendidikan Karakter Bagi Pelaku Pedofilia (sebuah Strategi dalam Mengatasi Amoral). JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan), 3(1).

Choiriyah, Nikmahtul. Etika Belajar Peserta Didik Perspektif Syaikh Umar Bin Achmad Baradja Dalam Kitab Al-Akhlaq Li Al-Banat. Srikpsi tidak diterbitkan. Surabaya: Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. 2014.

Hakim, L. (2020). The Participation of the Community in Enhancing Education Quality. Attractive: Innovative Education Journal, 2(1), 177-188.

Imanuddin, N. (2020). Model Pembelajaran Cooperative Script Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Materi Bumi Sebagai Ruang Kehidupan. Attractive: Innovative Education Journal, 1(2), 26-42.

Jaelani, Ahmad. Pendidikan Karakter Anak menurut Perspektif Syaikh Umar Bin Achmad Baradja Dalam Kitab Al-Akhlak Lil-Baniin Jilid I (Studi di Pondok Pesantren Nurul Muttaqin) dalam Jurnal Pendidikan Universitas Garut, Vol. 05; No. 01; 2011; 56-68. Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan Universitas Garut. 2011.

Masyitoh, D., Mustika, R. D., Alfaza, A. S., Hidayatullah, A. F., & Umar Al Faruq, A. H. (2020). Amin Abdullah dan Paradigma Integrasi Interkoneksi. Attractive: Innovative Education Journal, 2(1), 108-116.

Munif, M. R. (2020). Ranah Afektif Perspektif Al-Ghazali (Kajian Terhadap Kitab Kimia Sa’adah). Attractive: Innovative Education Journal, 2(1), 143-152.

Nata, Abuddin. Perspektif Islam tentang Pola Hubungan Guru-Murid: Studi Pemikiran Tasawuf Al-Ghazali. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada. 2001.

Nurjany, Ifah. K.H. Hāsyim Asy ̒ari: Pendiri NU yang Luas Ilmunya. Jakarta: Bee Media Pustaka. 2017.

Nurrohmah, M. R., & Syahid, A. (2020). Tujuan Pendidikan Perspektif Al-Quran dan Pendidikan Barat. Attractive: Innovative Education Journal, 2(2), 34-44.

Palufi, A. N., & Syahid, A. (2020). Metode Yanbu’a Sebagai Pedoman Membaca Al-Qur’an. Attractive: Innovative Education Journal, 2(1), 32-40.

Setiani, A. I., Laili, N., & Abimanto, D. (2020). Strategi Pengembangan Keberagamaan Mahasiswa Di Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung Melalui Praktik Tilawah. Attractive: Innovative Education Journal, 2(1), 26-31.

Wahid, Salahuddin. Mengenal Lebih Dekat Hadratussyaikh KH. M. Hāsyim Asy ̒ari: Tokoh Panutan dari Zaman ke Zaman. Jombang: Pustaka Tebuireng. 2018.

Wulandari, I., Subandi, S., Jannah, R., & Mispani, M. (2020). Implementasi Nilai–Nilai Religius Bagi Peserta Didik (Studi Pada MI Terpadu Darul Ulum dan SD Negeri 5 Lempuyang Bandar). Attractive: Innovative Education Journal, 2(1), 153-163.

Published
2020-08-30